PENGARUH PENGGANTIAN SEBAGIAN SEMEN DENGAN ABU SEKAM PADI TERHADAP KEKUATAN BETON K-400

Djaka Suhirkam, A Latif

Abstract


Penggunaan bahan tambah mineral ( additive ) didalam campuran beton saat ini sudah merupakan bahan yang penting, hal ini dimaksudkan untuk menaikkan kekuatan tekan beton yang dihasilkan . Bahan tambah mineral merupakan bahan tambah yang mengandung pozzollan. Pozzollan adalah bahan tambah yang mempunyai kandungan utamanya adalah silika dan alumina . Pozzolan yang banyak mengandung silica dan alumina salah satunya adalah dari Abu sekam padi, karena Abu sekam padi mempunyai kandungan silika yang tinggi .

Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh abu sekam padi sebagai pozzolan yang dipakai sebagai pengganti sebagian semen terhadap kekuatan beton, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruhnya. Penelitian dilakukan di laboratorium Bahan Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri sriwijaya untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dari abu sekam padi sebagai pengganti sebagian semen terhadap kuat tekan dan kuat tarik beton pada beton mutu K - 400. Dalam penetilian persentase penggantian pemakaian abu sekam padi terhadap semen adalah 2,5 % ; 5% ; 7,5 % dan 10 % . Dalam penetilian ini benda uji beton mempunyai bentuk kubus berukuran ( 15x15x15 ) cm untuk kuat tekan dan untuk kuat tarik beton benda uji berbentuk silinder yang mempunyai ukuran diameter 15 cm dan tinggi 30 cm digunakan untuk uji tarik  belah .

Dari percobaan di laboratorium didapat suatu hasil kuat tekan dan kuat tarik belah beton yang menggunakan abu sekam padi lebih besar bila dibandingkan dengan beton normal. Lebih besar persentase penggunaan abu sekam padi kekuatannya lebih meningkat.


Keywords


Beton , Abu Sekam Padi , Peningkatan kekuatan .

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 469 times
PDF - 354 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.