KAJIAN KEMAMPUAN MEMBELI RUMAH BAGI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH

SULASMAN SULASMAN

Abstract


Perumahan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia dan merupakan faktor penting dalam peningkatan harkat dan martabat kehidupannya.  Bagi masyarakat berpenghasilan rendah, untuk memperoleh rumah yang layak, sehat, aman, serasi dan teratur, baik untuk pemilikan rumah maupun untuk pembangunan/ perbaikan rumah sederhana sehat sangat sulit, untuk itu perlu dilakukan suatu kajian terhadap kemampuan membeli rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Data yang dibutuhkan untuk mengkaji besaran subsidi yang harus disediakan yaitu pola penghasilan dan pengeluaran, kemampuan mengangsur, besaran keluarga dari masyarakat berpenghasilan rendah dan nilai jual rumah pada saat sekarang.  Untuk selanjutnya dianalisis hubungan antara kemampuan finansial masyarakat berpenghasilan rendah dan pengadaan rumah serta daya beli masyarakat berpenghasilan rendah.

Dari hasil survey didapat kan bahwa masyarakat berpenghasilan rendah di kota Palembang rata-rata memiliki penghasilan sebesar  kurang dari Rp 600.000,00 sampai dengan Rp 1.000.000,00. Dengan Kemampuan mengangsur berkisar anatara Rp 100.000,00 sampai dengan Rp 200.000,00.  Dan dari hasil perhitungan didapat bahwa masyarakat berpenghasilan rendah di Kota Palembang memiliki kemampuan membeli rumah tipe 36 dengan cara mencicil dengan jangka waktu 15 tahun yaitu sebesar Rp 122.126,00 dengan tingkat suku bunga bank yang berlaku kurang lebih 12 % per tahun.


Keywords


Kemampuan Membeli Rumah

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 116 times
PDF - 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.