PENGARUH PERTUMBUHAN KENDARAAN YANG BEROPERASI PADA RUAS JALAN TERHADAP KARAKTERISTIK LALULINTAS (STUDI KASUS PADA JALAN JEND. SUDIRMAN PALEMBANG)

Yusri Bermawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejau mana  peningkatan volume pada ruas jalan dapat mempengaruhi karakteristik lalu lintas, guna untuk pengambilan kebijakan dalam transportasi perkotaan. Pemilihan ruas jalan  ini karena sering terjadi kemacetan dan jalan ini merupakan jalan utama di kota Palembang. Data primer diperoleh dari survey langsung selama 7 (tujuh) hari berturut-turut dan 1 (satu) jam sebagai jam sibuk dalam 1 (satu) hari pengamatan dari beberapa tahun pengamatan yang pernah dilakukan.

Metode penelitian yang dipakai dengan melakukan pengamatan langsung pada ruas jalan       dengan cara manual dan penggunaan camera video, guna akurasi data lalu lintas kendaraan.  Diperoleh rata-rata pertumbuhan kendaraan pada titik pengamatan 11,36 % pertahun.  Volume yang ekstreem dari tiga tahun pengamatan (2003, 2005, 2007) sebesar 3.658,0  smp/jam. Kecepatan ekstreem : 30,84 km/jam dan kepadatannya: 486 smp/jam.  Dari analisa, ratio antara volume terhadap kapasitas (V/C) > 0,75 (yang disyaratkan oleh MKJI).   Diperlukan perbaikan pisik sesegera mungkin, dapat berupa penambahan lajur lalulintas dan lainnya atau kebijakan manajemen lalulintas  guna  menghindari kemacetan dengan rentang waktu yang lama.


Keywords


volume lalu lintas, kecepatan, kepadatan,tingkat pelayan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 274 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.