RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI DIGITAL PADA SISWA SMK FARMASI SAMARINDA

Authors

  • Arif Harjanto Fakultas Teknik Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Nur Lailly Fakultas KIP Universitas Mulawarman, Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3411852

Keywords:

Digital, Media Pembelajaran, Purposive, Research and Development (R&D)

Abstract

Media pembelajaran menjadi salah satu fasilitas untuk membantu kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dengan menggunakan media pembelajaran, siswa bisa lebih mudah memahami suatu materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Seorang pendidik diharuskan untuk berfikir kreatif dalam menciptakan media pembelajaran bagi siswa. Media pembelajaran tersebut dapat berupa simulasi visual, audio visual (video). Sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mata pelajaran simulasi digital bidang ilmu kefarmasian yang dilaksanakan pada SMK Farmasi Samarinda masih minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pembuatan video pembelajaran, penerapannya serta tingkat kelayakan video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan sampel penelitian kelas X. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran dilihat dari keseluruhan aspek baik dari aspek materi dan tampilan termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase sebesar 46,3% dan termasuk dalam kategori layak dengan persentase sebesar 53,6%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-04-24

How to Cite

Harjanto, A., & Lailly, N. (2017). RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI DIGITAL PADA SISWA SMK FARMASI SAMARINDA. JUPITER: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer, 9(1), 23–30. https://doi.org/10.5281/zenodo.3411852