RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI DIGITAL PADA SISWA SMK FARMASI SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.3411852Keywords:
Digital, Media Pembelajaran, Purposive, Research and Development (R&D)Abstract
Media pembelajaran menjadi salah satu fasilitas untuk membantu kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dengan menggunakan media pembelajaran, siswa bisa lebih mudah memahami suatu materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Seorang pendidik diharuskan untuk berfikir kreatif dalam menciptakan media pembelajaran bagi siswa. Media pembelajaran tersebut dapat berupa simulasi visual, audio visual (video). Sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mata pelajaran simulasi digital bidang ilmu kefarmasian yang dilaksanakan pada SMK Farmasi Samarinda masih minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pembuatan video pembelajaran, penerapannya serta tingkat kelayakan video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan sampel penelitian kelas X. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran dilihat dari keseluruhan aspek baik dari aspek materi dan tampilan termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase sebesar 46,3% dan termasuk dalam kategori layak dengan persentase sebesar 53,6%.