Pemetaan Kepakaran Melalui Jurnal yang Telah Dipublikasikan Dengan Metode Association Rules Dan Pendekatan Algoritma Brute-Force

Ali Firdaus Firdaus Firdaus

Sari


 

Abstrak

 

Perkembangan dan kemajuan pembangunan bangsa ini lebih banyak dipicu oleh kehendak penguasa dalam pemerintahan, dan bukannya dipicu oleh dunia pendidikan melalui hasil riset dan penelitiannya. Peneliti mencoba  menemukan kepakaran seseorang dilihat dari hasil tulisan ilmiah yang telah dipublikasikannya, menggunakan metode association rules dan pendekatan algoritma brute-force.  Tujuanya untuk mendeteksi hubungan antara nilai-nilai tertentu dari variabel-variabel pada basis data yang besar.  Setelah melakukan percobaan, berikutnya melakukan verifikasi terhadap hasil yang diperoleh. Verifikasi tersebut dilakukan dengan mencocokkan bidang kompetensi yang tercantum pada biodata dosen yang berada di urutan pertama tiap bidang kompetensi. Kecocokan antara hasil percobaan dengan yang sebenarnya diperoleh bila bidang kompetensi yang dimiliki oleh dosen tersebut sama dengan bidang kompetensi yang diprediksi oleh sistem. Data yang digunakan untuk mencocokkan hasil pencarian pakar tersebut berasal dari biodata dosen yang terdapat di website  serta Sistem Informasi. Hasil yang didapat berdasarkan banyaknya bidang kompetensi yang mendapatkan pakar yang sesuai adalah sebanyak 12 bidang dari 18 bidang. Dengan demikian, persentase keefektifan model penggunaan association rules dan pendekatan dalam pencarian pakar yang dikembangkan pada penelitian ini adalah sebanyak 66,67 %.

 

kata kunci :  Pakar, association rules, pengetahuan


Kata Kunci


Ali Firdaus

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 64 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dedicated to:


Indexed by:



Creative Commons License
JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer) ISSN : 2085-2029 e-ISSN : 2622-609X This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.