MEMPREDIKSI MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA AKUNTANSI: MENGANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PERILAKU MENABUNG
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.11079776Abstract
Saat ini, terdapat konsensus luas mengenai pentingnya mendorong kewirausahaan, yang telah lama dianggap sebagai faktor penegak daya saing, pembangunan berkelanjutan, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas sosial. Penelitian menunjukkan bahwa kewirausahaan merupakan sumber pertumbuhan ekonomi, terutama jika usaha tersebut berkembang menjadi entitas bisnis yang sukses. Kewirausahaan memiliki peran yang signifikan dalam merangsang pembangunan ekonomi, meningkatkan taraf hidup masyarakat dan penguatan industri, sehingga menjadi fokus utama dalam perekonomian negara berkembang seperti Indonesia. Meskipun demikian, Indonesia saat ini menghadapi tantangan karena memiliki jumlah wirausahawan yang rendah secara global, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan minat individu untuk berwirausaha, terutama di kalangan mahasiswa akuntansi. Sejauh ini, penelitian yang ada terutama lebih banya berfokus pada model teori perilaku terencana. Karenanya penelitian ini akan berusaha menguji variabel-variabel lain yang justru jarang diteliti oleh para peneliti sebelumnya seperti literasi keuangan dan perilaku menabung. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitia ini juga berupaya dan bertujuan untuk meneliti lebih lanjut berkaitan dengan minat berwirausaha pada mahasiswa akuntansi di Indonesia. Dengan metode kuantitatif melalui analisis PLS-SEM serta melibatkan 223 responden, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi keuangan (β = 0.347, P-value 0.000) dan perilaku menabung (β = 0.453, P-value 0.000) terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berwirausaha.
Kata Kunci: Literasi keuangan, mahasiswa akuntansi, minat berwirausaha, perilaku menabung.