PENGARUH PENDAPATAN, HARGA DAN GENDER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET MASKAPAI
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.11354569Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah pendapatan, harga dan gender berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket maskapai. Adapun maskapai yang menjadi objek penelitian ini adalah maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Air Asia dan Lion Air, yang kelima maskapai tersebut tercatat dalam 5 Top Brand Maskapai di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari hasil kuesioner yang dibagikan kepada penumpang yang telah menggunakan lima maskapai tersebut untuk melakukan perjalanan udaranya. Data yang telah didapat kemudian diolah dengan menggunakan regresi linear berganda. Adapun pengolahan data menggunakan bantuan software SPPS versi 25. Uji asumsi klasik dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan uji regresi linear berganda. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket maskapai. Begitu juga harga menunjukkan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian tiket maskapai. Adapun untuk variabel gender mempunyai hasil yang berbeda yang menujukkan bahwa variabel gender tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket maskapai. Adapun pengaruh pendapatan dan harga tiket terhadap keputusan pembelian tiket maskapai sebesar 73,7% dan sisanya sebesar 27,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Diharapkan dari hasil penelitian ini memberikan gambaran bagi Maskapai penerbangan khususnya 5 Top Brand Maskapai di Indonesia untuk menetapkan harga dan menentukan strategi promosi/pemasaran yang tepat yang disesuaikan dengan tingkat pendapatan konsumen. Selain itu bisa membuka wacana bagi penelitian selanjutnya untuk meneliti faktor-faktor lain selain tingkat pendapatan, harga dan gender yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian tiket Maskapai di Indonesia, sehingga bisa menunjukkan hasil yang lebih komprehensif.
Kata Kunci: 5 Top Brand Maskapai Indonesia, Gender, Harga Tiket Maskapai, Keputusan Pembelian Tiket Maskapai, Pendapatan