ANALISIS BALANCE SCORECARD PADA RESTORAN PIZZA HUT PALEMBANG INDAH MALL

Authors

  • Zein Ghozali Fakultas Ekonomi Universitas Sjakhyakirti
  • Hilwa Angraini Fakultas Ekonomi Universitas Sjakhyakirti
  • Sri Sutandi Fakultas Ekonomi Universitas Sjakhyakirti
  • Nelly Nelly Fakultas Ekonomi Universitas Sjakhyakirti

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.10044144

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja Restoran Pizza Hut Palembang Indah Mall (PIM) dengan menggunakan Balanced Scorecard (BSC) yang dilihat dari 4 (empat) perspektif yaitu keuangan, pelanggan, bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini dilakukan terhadap laporan keuangan, pelanggan, manajemen Restoran dan data karyawan Restoran Pizza Hut tahun 2018 dan 2019. Hasil penelitian dari perspektif keuangan adalah perhitungan rasio likuiditas sebesar 84% dan 168%. Debt ratio adalah 75% dan 40%. Profit margin sebesar 5% yang dinilai cukup baik. ROA sebesar 13% dan 11% dinilai cukup baik. Rasio aktivitas adalah 203% dan 176%. Perspektif pelanggan dengan indikator kepuasan pelanggan dinilai baik karena hasil kecenderungan jawaban responden adalah “setuju”. Perspektif proses bisnis internal menunjukkan konsistensi dalam proses inovasi, operasional dan layanan purna jual. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan indikator retensi karyawan dinilai kurang baik karena terjadi peningkatan sebesar 5% (dari 6% menjadi 11%), pelatihan karyawan dan produktivitas karyawan menunjukkan hasil yang baik karena meningkat dari tahun sebelumnya. Kata Kunci : Balance Scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Ghozali, Z. ., Angraini, H., Sutandi, S., & Nelly, N. (2023). ANALISIS BALANCE SCORECARD PADA RESTORAN PIZZA HUT PALEMBANG INDAH MALL . Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 7(2), 321–336. https://doi.org/10.5281/zenodo.10044144