IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN DI MATA MASYARAKAT PADA PT PRATOMO PUTRA TEKNIK PALOPO

Authors

  • Afriani Afriani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Antong Antong Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Halim Usman Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palopo

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7834683%20

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR), yang dilakukan oleh perusahaan, dapat didorong oleh berbagai faktor. Ada perusahaan yang memfokuskan CSR sebagai sarana untuk memberikan kembali kepada masyarakat (community development), ada juga yang memfokuskan CSR sebagai bentuk pemberian/amal perusahaan dan perbaikan berkelanjutan, dimana hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan citra dari entitas perusahaan. Karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat. Metode penelitian menggunakan sumber data deskriptif kualitatif, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial karena CSR memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) di PT Pratomo Putra Teknik yang memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, karena Corporate Social Responsibility (CSR) dapat meningkatkan kualitas hidup dan citra perusahaan di mata masyarakat Melalui program CSR,karena perusahaan dapat memberikan pelayanan berupa bantuan pelayanan baik di lingkungan perusahaan itu sendiri, karena masyarakat merupakan unsur terpenting dari program tanggung jawab sosial perusahaan, karena pelaksanaan tanggung jawab sosial dapat menciptakan kesimbangan sosial, ekonomi dan keadaan lingkungannya sehingga implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) membantu perusahaan beradaptasi dengan lingkungannya dengan dapat meningkatkan citra perusahaan sehingga masyarakat akan mengenal baik perusahaan tersebut. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Citra Perusahaan, CSR dari aspek Ekonomi,Sosial,Lingkungan.

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Afriani, A., Antong, A., & Usman, H. (2023). IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN DI MATA MASYARAKAT PADA PT PRATOMO PUTRA TEKNIK PALOPO. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 7(1), 16–26. https://doi.org/10.5281/zenodo.7834683