PENGARUH GOODWILL, INTELLECTUAL CAPITAL DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PASAR PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMEN PRIMER
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7907084Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh goodwill, intellectualcapital dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai pasar perusahaan. Jenis penelitian inimenggunakan penelitian kuantitatif asosiatif data yang digunakan pada penelitian ini merupakandata sekunder yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia serta website dari masing-masingperusahaan barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun2016 sampai 2021. Populasi yang terdapat pada penelitian ini yaitu sebanyak 20 perusahaansehingga total observasi dalam penelitian ini berjumlah 120 sampel teknik pengambilan sampel(sampling) dilakukan dengan metode purposive sampling. Pengujian pada hipotesis dilakukandengan menggunakan aplikasi Eviews 9. Hasil pengujian yang dilakukan secara parsialmenunjukkan hasil bahwa goodwill tidak berpengaruh terhadap nilai pasar perusahaan, sedangkanintellectual capital berpengaruh terhadap nilai pasar perusahaan dan pertumbuhan penjualanberpengaruh terhadap nilai pasar perusahaan. Penelitian ini penting untuk dilakukan, karena masihbanyak masyarakat yang memiliki keinginan dalam melakukan investasi, penelitian ini dapatmemberikan informasi bermanfaat sebagai bahan pertimbangan oleh para investor dalam menilaiperusahaan tempat mereka akan berinvestasi Kata Kunci: Goodwill, Intellectual Capital, Pertumbuhan Penjualan, Nilai PasarPerusahaanDownloads
Published
2023-05-08
How to Cite
Syarifah, N. I., & Wulandari, R. . (2023). PENGARUH GOODWILL, INTELLECTUAL CAPITAL DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PASAR PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMEN PRIMER. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 7(1), 133–146. https://doi.org/10.5281/zenodo.7907084
Issue
Section
Articles