PENGARUH PROFITABILITAS, CAPITAL INTENSITY, UKURAN PERUSAHAAN, DAN SALES GROWTH TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK

Authors

  • Nabila Shafa Putri Rosadani Universitas Stikubank Semarang
  • Sartika Wulandari Universitas Stikubank

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7834712

Abstract

Agresivitas pajak merupakan salah satu tindakan yang pastinya akan menyebabkan kerugian negara dikarenakan akan berimbas kepada penurunan pendapatan negara. Rasio pajak Indonesia dibandingkan dengan rasio pajak negara Asosiation of South East Asian Nations (ASEAN) sangatlah rendah selalu ada di bawah rasio 15%, pada tahun 2022 rasio pajak Indonesia ada pada angka 11%, pemerintah mengharapkan rasio pajak Indonesia berada diangka 15%. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh agresivitas pajak terhadap profitabilitas, capital intensity, ukuran perusahaan, dan sales growth pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2018-2021. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 71 Perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di BEI menggunakan teknik purposif sampling dan di peroleh 132 sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data panel dengan bantuan alat eviews9. Hasil penelitian menunjukan bahwa Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap agresivitas pajak. Semakin besar laba perusahaan akan semakin besar pula profitabilitas yang dimiliki sebuah perusahaan, dan akan berdampak kepada pembayaran pajak yang lebih besar, sehingga akan mempengaruhi tindakan agresivitas pajak perusahaan. Capital intensity berpengaruh positif signifikan terhadap agresivitas pajak. Semakin besar perusahaan dalam menginvestasikan dananya dalam bentuk aset tetap maka akan semakin pula beban depresiasinya sehingga akan mengurangi laba perusahaan, dan hal tersebut menjadi salah satu faktor tindakan agresivitas pajak. Ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap agresivitas pajak. Perusahaan yang besar biasanya memiliki aset yang besar, dari aset tersebut akan memunculkan beban depresiasi yang akan mengurangi laba perusahaan, dan hal tersebut menjadi salah satu faktor tindakan agresivitas pajak. Sales growth berpengaruh negatif signifikan terhadap agresivitas pajak. Tingkat penjualan yang relatif lebih besar dan diiringi dengan kenaikan pendapatan akan membuat perusahaan mampu untuk membayarkan beban pajaknya. Kata Kunci: Agresivitas pajak, Capital intensity, Profitabilitas, Sales growth, Ukuran perusahaan.

Author Biographies

Nabila Shafa Putri Rosadani, Universitas Stikubank Semarang

Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Sartika Wulandari, Universitas Stikubank

Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Rosadani, N. S. P., & Wulandari, S. (2023). PENGARUH PROFITABILITAS, CAPITAL INTENSITY, UKURAN PERUSAHAAN, DAN SALES GROWTH TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK . Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 7(1), 27–39. https://doi.org/10.5281/zenodo.7834712