PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, INTENSITAS MODAL, DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK

Main Article Content

Vera Marliyana
Rosita Wulandari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility, intensitas modal, dan corporate governance yang diproksikan (ukuran dewan direksi dan komisaris independen) terhadap agresivitas pajak pada perusahaan barang konsumen primer sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar dalam bursa efek indonesia pada tahun 2016-2020 baik secara pasial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 100 data. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji koefisien determinan, uji F, dan uji T dengan bantuan program aplikasi Eviews9. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Corporate Social Responsibility secara parisal tidak berpengaruh terhadap Agresivitas Pajak. Intensitas Modal secara parsial berpengaruh terhadap Agresivitas Pajak. Ukuran Dewan Direksi secara parsial berpengaruh terhadap Agresivitas Pajak. Komisaris Independen secara parsial berpengaruh terhadap Agresivitas Pajak. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah sampel yang digunakan kurang besar, karena jumlah sampel yang lebih besar akan dapat memberikan hasil penelitian yang lebih mendekati dengan kondisi yang sebenarnya.
Kata kunci: Agresivitas Pajak, Corporate Social Responsibility, Intensitas Modal, Ukuran Dewan Direksi, Komisaris Independen.

Article Details

How to Cite
Marliyana, V., & Wulandari, R. (2022). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, INTENSITAS MODAL, DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 6(2), 177–186. https://doi.org/10.5281/zenodo.7267462
Section
Articles