PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PENDAMPINGAN DESA DAN PEMANTAUAN TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA DESA-DESA DI KABUPATEN SIAK PROVINSI RIAU)

Main Article Content

Susanti Susanti
Yesi Mutia Basri
Muhammad Rasuli

Abstract

Pemerintah desa harus bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa, dimana semua akhir kegiatan penyelenggaraan pemerintah desa harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat desa sesuai ketentuan sehingga terwujud tata kelola pemerintahan desa yang baik (good village government). Ketepatan waktu melaporkan merupakan indicator mewujudkan akuntabilitas pengelolaan keuangan yang baik. Siak merupakan kabupaten di Propinsi Riau yang menjadi contoh oleh BPKP Pusat dalam tata kelola keuangan desa. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif. Dalam penelititan ini, peneliti membagikan angket kepada seluruh perangkat desa di Kabupaten Siak secara online menggunakan google form. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi sumber daya manusia, pendampingan desa dan pemantauan mempengaruhi akuntabilitas pengelolaan keuangan desa dengan pemanfaatan teknologi sebagai variabel moderasi. Pemanfaatan teknologi memoderasi kompetensi sumber daya manusia terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, pemanfaatan teknologi memoderasi pendampingan desa terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa desa, pemanfaatan teknologi memoderasi pemantauan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa.
Kata Kunci: Akuntabilitas, Kompetensi, Pendampingan, Pemantauan, Teknologi
 

Article Details

How to Cite
Susanti, S., Basri, Y. M. ., & Rasuli, M. . (2022). PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PENDAMPINGAN DESA DAN PEMANTAUAN TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA DESA-DESA DI KABUPATEN SIAK PROVINSI RIAU). Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 6(2), 254–277. https://doi.org/10.5281/zenodo.7267552
Section
Articles