ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN PT. XYZ MELALUI PENGARUH AKUNTANSI LINGKUNGAN DALAM PENDEKATAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG)

Authors

  • Muhammad Ikhsan Pratama Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5747338

Abstract

Penggunaan dan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) yang dilakukan oleh perusahaan kerap kali berujung pada kerusakan lingkungan dan juga berdampak pada masyarakat sekitar. Tata kelola perusahaan yang baik dengan mencapai pengungkapan lingkungan perusahaan dapat menunjukkan kinerja perusahaan yang baik dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kinerja perusahaan dengan akuntansi lingkungan dalam metode Good Corporate Governance (GCG) melalui perusahaan PT. XYZ. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analitis. Dalam penulisan penelitian ini, peneliti memperoleh data yang digunakan dengan menggunakan pengumpulan data berupa studi kepustakaan, pengumpulan data dari berbagai buku, jurnal, dan mencari dan mengumpulkan data melalui internet dan laporan tahunan melalui sampel perusahaan PT. XYZ. Peneliti menggunakan teori-teori seperti teori agensi, legitimasi, Good Corporate Governance, dan akuntansi lingkungan. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahhwa mekanisme pencapaian Good Corporate Governance sangat dipengaruhi oleh akuntansi lingkungan. Selain itu akuntansi lingkungan bukan hanya dapat berkontribusi pada kinerja perusahaan, namun juga dapat meningkatkan nilai dan kualitas perusahaan di mata masyarakat secara lebih luas.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Pratama, M. I. (2021). ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN PT. XYZ MELALUI PENGARUH AKUNTANSI LINGKUNGAN DALAM PENDEKATAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG). Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 5(2), 68–77. https://doi.org/10.5281/zenodo.5747338