PENGARUH KOMPETENSI APARATUR PEMERINTAH, PARTISIPASI MASYARAKAT DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP PENERAPAN GOOD GOVERNANCE (Studi Empiris Pada Pemerintah Desa di Kabupaten Pelalawan)

Authors

  • Rusnadia Wafa Universitas Riau
  • Yesi Mutia Basri Universitas Riau
  • Desmiyawati Desmiyawati Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3865178

Keywords:

Kompetensi Aparatur Pemerintah, Partisipasi Masyarakat, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh beberapa faktor terhadap penerapan tata kelola yang baik. Faktor-faktor ini adalah Kompetensi Aparatur Pemerintah, Partisipasi Masyarakat dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah. Populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pemerintah desa di Kabupaten Pelalawan. Metode yang digunakan adalah proporsional stratified random sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS versi 25.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Kompetensi Aparatur Pemerintah, Partisipasi Masyarakat dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah berpengaruh positif signifikan terhadap Implementasi Good Governance.

References

Achmadi, A.,Muslim, M. Rusmiyati, S., dan Wibisono, S. 2002. Good Governance dan Penguatan Institusi Daerah, Masyarakat, Transparansi Indonesia. Jakarta: Mandar Maju
H.A.R Tilaar.2009. Kekuasaan dan Pendidikan: Kajian Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rinika Cip
Habibie. 2013. Pengaruh Pengawasan DPRD, Pengendalian Internal dan Peran Auditor Internal terhadap Good Governance. Jurnal Universitas Padang.

Leny Nofianti dan Anggrieta Denziana. 2012. Pengaruh Kompetensi Aparatur Pemerintah Daerah dan Profesionalisme Aparat Pengawasan Intern Pemerintah Terhadap Penerapan GOOD GOVERNMENT GOVERNANCE (GGG). Jurnal Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Qasim.
Putu Lia Helmayani, Ni Luh Gede Erni Sulindawati dan Putu Eka Dianita Marvilianti Dewi. 2017. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Peran Badan Permusyawarata Desa, dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Implementasi God Village Governance (Studi pada Desa di Kabupaten Buleleng). Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha.
Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.
Martin, Jones. 2002. Auditing and financial of company. Published by John Wiley and Sons, New York.
Muindro Renyowijoyo. 2013. Akuntansi Sektor Publik. Jakarta : Mitra Wacana Media
Sedarmayanti. 2010. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung : Mandar Maju. Bandung.
Siti Irene Astuti Dwiningrum. (2011). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014, Nomor 5495. Jakarta: Sekretariat Negara.
Undang – Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaa
United Nations Development Program (UNDP). 1997. Governance for sustainable human development.
Wibowo, Prof. Dr. 2016. Manajemen Kinerja. Rajawali Pers. Jakarta.
Waheduzzaman. 2008. Community participation and local governance. Australia Journal of Political Science

Downloads

How to Cite

Wafa, R., Basri, Y. M., & Desmiyawati, D. (2020). PENGARUH KOMPETENSI APARATUR PEMERINTAH, PARTISIPASI MASYARAKAT DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP PENERAPAN GOOD GOVERNANCE (Studi Empiris Pada Pemerintah Desa di Kabupaten Pelalawan). Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 4(1), 60–71. https://doi.org/10.5281/zenodo.3865178