PENGARUH MANAJEMEN ASET TERHADAP OPTIMALISASI PEMANFAATAN ASET TETAP PEMERINTAH KOTA PALEMBANG

Susi Ardiani

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh bukti terkait pengaruh manajemen aset yang terdiri dari aspek iventarisasi aset, legal audit dan penilaian aset terhadap optimalisasi aset tetap pemerintah Kota Palembang. Data yang digunakan adalah data primer. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 Organisasi Perangkat dan diperoleh 63 responden dengan menggunakan purposive sampling method . Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan variabel-variabel independen yaitu inventarisasi aset, legal audit, dan penilaian aset secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap optimalisasi pemanfaatan aset tetap . Sacara parsial, variabel inventarisasi aset dan legal audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap optimalisasi pemanfaatan aset tetap. Sedangkan variabel penilaian aset berpengaruh negatif terhadap optimalisasi pemanfaatan aset tetap.


Keywords


Optimalisasi, Inventarisasi, Legal Audit, Penilaian

Full Text:

PDF

References


Antoh, A. E. (2017). Pengaruh Manajemen Aset Dalam Optimalisasi Aset Tetap (Tanah dan Bangunan) Pemerintah Daerah (Studi di Kabupaten Paniai). Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN: 2615-0425 (Print), e-ISSN: 2622-7142 (Online), 1(2).

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasanuddin. (2016). Pengaruh Manajemen Aset terhadap Optimalisasi Pemanfaatan Aset Tetap Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Barat. Universitas Terbuka Jakarta: Tesis

Jamaludin. (2013). Optimalisasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Aset Tetap Tanah (Tanah dan Bangunan) studi pada Pemda Provinsi NTB. Universitas Gajah Mada: Tesis.

Laporan Hasil Pemeriksaan BPK Perwakilan Sumatera Selatan Tahun 2017.

Republik Indonesia. (2014). Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah. Jakarta: Sekretariat Negara

Republik Indonesia.. (2019). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2019 Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah. Jakarta: Sekertariat Negara.

Siregar, Doli. D, (2018), Management Aset Strategi Penataan Konsep Pembangunan Berkelanjutan secara Nasional dalam Konteks Kepala Daerah sebagai CEO’s pada Era Globalisasi dan Otonomi Daerah, penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Umbora, E., Falah, S., & Pangayow, B. J. (2018). Pengaruh Manajemen Aset Terhadap Optimalisasi Pemanfaatan Aset Tetap Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntansi, Audit, Dan Aset (Aaa), 1(2), 90-112




DOI: http://dx.doi.org/10.5281/zenodo.3865157

Article Metrics

Abstract view : 65 times
PDF - 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Riset Terapan Akuntansi This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Statistik Kunjungan: