PENGEMBANGAN WEBSITE KAMPUNG WISATA EDUKASI (STUDI KASUS KAMPUNG ONDOMOHEN SURABAYA)

Penulis

  • Rizky Fenaldo Maulana Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Kharisma Monika Dian Pertiwi Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Riza Akhsani Setyo Prayoga Institut Teknologi Telkom Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i2.4768

Kata Kunci:

Ondomohen village, Community Services, Website

Abstrak

Pada era modern informasi cepat dalam peneyebarannya. Informasi menyebar melalui berbagai media dan dalam berbagai bentuk. Secara umum penyebaran bisa berupa gambar, teks, suara maupun video. Selain informasi juga dapat disampaikan melalui portal yang biasa disebut website. Pada era sekarang website sangat banyak kegunaanya salah satunya sebagai media promosi suatu kampung atau desa. Hal ini bisa dimaksimalkan untuk memperkenalkan kampung tersebut ke khalayak umum. Sehingga bisa menarik banyak wisatawan atau pengunjung untuk datang ke kampung tersebut. Salah satunya Kampung Ondomohen  Surabaya memiliki  keunggulan  dalam bidang ketahanan pangan serta wahana edukatif dimana mereka bisa memproduksi sayuran serta ternak secara mandiri sehingga bisa menjadi pemasukan bagi warga sekitar. Maka dari itu dengan memanfaatkan website diharapkan mampu mengenalkan kampung Ondomohen ke khalayak umum sehingga bisa mendatangkan banyak pengunjung dan bisa mewadahi produk mereka  seperti  sayuran  maupun  ternak  mereka  untuk  dijual melalui  website tersebut. Upaya  pemasaran  secara  digital  melalui  website tersebut   diharapkan   mampu meningkatkan keuntungan dan memperluas jangkauan pemasaran. Salah satu yang mempengaruhi pemasaran adalah desain dari suatu produk. Produk yang memiliki desain yang bagus tentunya akan menarik pembeli. Sehingga kegiatan PKM ini diharapkan memberikan sumbangsih dalam hal strategi pemasaran memalui media website serta mengatasi permasalahan yang ada di Kampung Ondomohen.

Referensi

Novryaldy, A dan Setiadi, A, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PROFIL MASJID BERBASIS WEBSITE,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, Vol IV, no 3, 2018.

Faisal, M dan Ida, “SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI PERPUSTAKAAN DIGITAL PADA SMP IT YAABUNAYYA FATHUL KHAER MAKASSAR,” Jurnal APTEKMAS vol. 4, no. 4, 2021, doi: 10.36257/apts.vxix.

Kumala, N. A dan Wardani, D. P, “OPTIMALISASI PRODUK CAMILAN DENGAN MANAJEMEN PRODUK DAN PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL,” Jurnal APTEKMAS vol. 5, no. 1, 2022, doi: 10.36257/apts.vxix.

Pauzy, D. M, “Pelatihan Keterampilan Mendesain Kemasan dan Branding dalam Penjualan Produk (Beras Setra Ramos) di Wilayah Ciawi Kabupaten Tasikmalaya” Jurnal APTEKMAS vol. 4, no. 4, 2021, doi : doi.org/10.36257/apts.v4i4.3587.

Fitri, W dan Hamid, F. Z, “Pengaruh Perubahan Logo (Rebranding) Danone terhadap Ekuitas Merek Aqua,” Industrial Research Workshop and National Seminar, 2020

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-03