PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN MELALUI PEMANFAATAN APLIKASI EXCEL PADA MASJID DESA LUMBANG

Penulis

  • Eliza Noviriani Politeknik Negeri Sambas
  • U Ari Alrizwan Politeknik Negeri Sambas
  • Lailatul Mukaramah Politeknik Negeri Sambas

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v4i4.4086

Kata Kunci:

Akuntansi Masjid, Laporan Keuangan, PSAK No. 45

Abstrak

Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pelatihan administrasi keuangan khusus nya penyusunan laporan keuangan sesuai PSAK No 45 dengan memanfaatkan aplikasi excel. Peserta pelatihan yaitu masing-masing takmir masjid di 3 (tiga) masjid Desa Lumbang yaitu Ketua, Sekretaris dan Bendahara Masjid Darut Taqwa Dusun Penyengat, Masjid Hamdalah Dusun Nengen serta Masjid Al-Kautsar Dusun Keramat. Pendekatan pelatihan ini menggunakan metode ceramah, diskusi dan praktik. Setelah diadakan pelatihan dengan metode ceramah, praktik dan diskusi terdapat perubahan yang cukup signifikan pada peserta. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan peserta untuk mulai mengenal dan mengidentifikasi transaksi serta melakukan penjurnalan. Selain itu, berdasarkan testimoni perwakilan peserta, pelatihan ini memberikan pencerahan kepada peserta dari yang sama sekali buta akuntansi menjadi paham proses penyusunan laporan keuangan. Perubahan yang baik juga tampak dari minat peserta untuk “hijrah” dari laporan keuangan sederhana ke laporan keuangan sesuai PSAK No. 45.

Referensi

Martini, R., Pembukuan dan Pelaporan Informasi Akuntansi Keuangan Berbasis PSAK 45: pada Panti Asuhan Al-Amanah, Palembang. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2018. 1(2).

Siregar, L.M., Akuntansi Keuangan Mesjid: Suatu Tinjauan. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 2018. 4(2).

Muchlis, S., A.S. Sukirman, and R. Ridwan, Accountability and management transparency masjid finance based on principles aman and fathanah (phenomenology study in mosques in nganjuk hamlet, sugihwaras village, wonomulyo district, polewali mandar regency, west sulawesi province). The Indonesian Journal of Accounting Research, 2019. 22(1).

Diyani, L.A., H.A. Rahman, and I. Wijaya, Peningkatan Kemampuan Komputerisasi Akuntansi Perusahaan Dagang Menggunakan “Accurate”. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2019. 2(1).

Pratiwi, R. and U. Sastrawan, Implementasi Aplikasi Akuntansi Pada UKM Adiraka Dalam Pengelolaan Keuangan. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2018. 1(2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-02