Perancangan Game Edukasi Menggunakan Model Pembelajaran Scramble untuk Anak Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Seritanjung Kabupaten Ogan Ilir
Kata Kunci:
Game, Edukasi, Model Pembelajaran Scramble, Metode Pengembangan Multimedia Luther-Sutopo, Metode Cohen Kappa, Anak Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Seritanjung .Abstrak
Penelitian ini fokus pada perancangan game edukasi sebagai inovasi dalam menyampaikan materi model pembelajaran scramble untuk anak Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Seritanjung, Kabupaten Ogan Ilir. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui efektifitas model pembelajaran scramble yang dikemas ke dalam game edukasi sehingga layak diterapkan dan digunakan pada proses belajar mengajar. Dalam game ini metode pengembangan yang digunakan adalah Metode Pengembangan Multimedia Luther-Sutopo. Untuk metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif berupa statistika deskriptif dengan metode survei yang menggunakan teknik kuesioner dan menggunakan index pengukuran cohen kappa. Responden dalam penelitian ini berjumlah 2 orang alpha/expert dengan menguji produk game scramble word serta melakukan penyebaran kuesioner online. Untuk 30 orang anak TK yang didampingi wali siswa juga menguji hasil produk game scramble word. Hasil dari penelitian dengan pengukuran cohen kappa diketahui bahwa sikap 2 orang responden alpha/expert mengenai game edukasi model pembelajaran scramble word ini mendapatkan index sejumlah “1†dan berada di kategori “Sangat Baikâ€. Maka game scramble word yang dibuat “Sangat Layak†digunakan.