ALAT PEMBERI PAKAN OTOMATIS BERBASIS IOT

Penulis

  • Randy Angriawan Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Muhajirin Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Suryadi Syamsu Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Rahmat Rani Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Andi Yulia Muniar Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Pertiwi Nurul Utami Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.12876985

Kata Kunci:

Pakan Ayam, Sensor Ultra sonic

Abstrak

Salah satu peternak yang berkembang di Indonesia adalah peternak ayam pedaging. Banyak peternak ayam broiler yang masih menggunakan metode pemberian pakan buatan atau manual. Cara tersebut kurang efektif dan kurang efesien, selain itu juga membutuhkan banyak sumber daya manusia. Berdasarkan permasalahan yang telah dijelaskan, maka diperlukan pemberian pakan otomatis sehingga peneliti tertarik untuk membuat pemberian pakan otomatis pada ayam ternak. Tugas akhir ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem pemberian pakan otomatis pada ayam ternak berbasis arduino. Adapun hasil penelitian berupa alat pemberi pakan otomatis yang dilengkapi dengan notifikasi melalui telegram ketika sisa pakan berada diambang batas yang telah ditentukan. Adapun hasil pengujian sensor dan NodeMCU yang telah dilakukan maka diperoleh nilai sebesar 75% dengan kategori layak.

Referensi

Surahman, Ade, dkk. “System Pakan Ayam Otomatis Berbasis Internet Of Things†Vol. 02, No.01,2020, 13-20.

Lubis, Zulkarnain, dkk. “Kontrol Mesin Air Otomatis Berbasis Arduino dengan Smartphoneâ€. Buletin Utama Teknik Vol.14, No.3, Mei 2022.

Latifa, Ulonnuha. Slamet Saputro, Joko. “Perancangan Robot Arm Gripper berbasis Arduino Uno Menggunakan Antarmuka LabViewâ€. Barometer, Vol 3 No.2, Juli 2019.

Airifin T, N Praitiwi, G F, and Jainrafsa i isih, Ai 2022 Sensor Ultraisonik Sebaigai Sensor Ja i iraik Terai 2(2) p 55-62

Adi Nugroho, Prasetyo. “Kontrol Lampu Gedung Melalui Wifi ESP8266 dengan Web Server Lokalâ€. Jurnal Elektro & Informatika SWADHARMA (JEIS) Vol 1 No.2 Juli 2021.

Hartanto, Sri. Dwi Prabowo, Andre. “Rancang Bangun Sistem dengan Pemeriksaan Suhu Tubuh berbasis Arduino ATMega2560â€. Jurnal Ilmiah Elektronikarisna Vol 9 No 3 Juli 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-29

Terbitan

Bagian

Articles