Alat Pendeteksi Kadar Keasaman Sari Buah, Soft Drink, dan Susu Cair Menggunakan Sensor PH Berbasis Mikrokontroler Arduino UNO ATMEGA328

Authors

  • Dede M. Yusuf Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Azwardi Azwardi Politeknik Negeri Sriwijaya
  • M. Miftakul Amin Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3865138

Keywords:

kadar keasaman, sensor pH, arduino uno

Abstract

Mendeteksi kadar pH sangat diperlukan dalam upaya mengetahui kadar keasaman pH suatu cairan pada minuman. Selama ini masyarakat tidak mengetahui apakah minuman yang dikonsumsi memiliki tingkat keasaman yang tinggi atau sebaliknya memiliki kebasaan. Kebanyakan masyarakat masih menggunakan cara manual dalam mengukur pH suatu cairan, seperti menggunakan kertas lakmus. Karena tidak semua orang mengetahui cara mengukur kadar keasaman, maka diperlukannya alat pendeteksi kadar keasaman untuk mengetahui kadar pH dalam cairan. Dalam hal ini cairan yang diuji adalah sari buah, soft drink, dan susu cair. Sensor yang digunakan adalah sensor pH dengan akurasi pembacaan data ±0.1. Sensor pH mendeteksi kadar keasaman yang terdapat pada suatu larutan dan menghasilkan suatu resistansi. Resistansi inilah yang kemudian diolah menjadi tegangan sehingga didapatkan data digital yang diolah melewati port ADC pada Arduino. Mikrokontroler akan mengirimkan data secara serial ke komputer untuk dapat dimonitoring. Data yang masuk akan menampilkan grafik dan nilai pH menggunakan bahasa Visual Basic.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Agung, M Bangun, 2014. Arduino For Beginners. Surya University. Tanggerang.
[2] Atmel Corporation ATMega 328. Datasheet. 2014.
[3] Caoghlin, Robert F, Driscroll, Frederick F, 1994. Penguat Operasional dan Rangkaian Terpadu Linier. Jakarta, Erlangga.
[4] Dewi, Findra Kartika Sari, 2005. Pengenalan Flowchart. Yogyakarta.
[5] Dinata, Yuwono Marta, 2015. Arduino Itu Mudah. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
[6] Djuandi, Feri, 2011. Pengenalan Arduino. Tersedia http://www.tobuku.com/ arduino-pengenalan.pdf. Diakses pada tanggal 20 Mei 2016.
[7] Kurniawan, Agus, 2013. Pemograman VB.NET Untuk Pemula. Jakarta: People Enterprise Press.
[8] Liliasari, 1995. Kimia 3. Jakarta, Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
[9] Marsudi, MT, 2013. Teknisi Otodidak Sepeda Motor Bebek Teknik Dan Perawatan Kendaraan Ringan Mesin. Andi, Yogyakarta.
[10] Naryoko, Budi P, Pathul D, Romulus T, Eka D, Nurul K, 2007. IPA 1A Asam, Basa, dan Garam. Jakarta, Yudhistira.
[11] Purba, Michael, 1995. Ilmu Kimia. Jakarta, Erlangga.
[12] Setiawan, Afrie, 2011. 20 Aplikasi Mikrokontroler ATMega16 Menggunakan Bascom AVR. Yogyakarta. C, Vandi.
[13] Sunyoto, Andi, 2014. Pemograman Database Dengan Visual Basic Dan Microsoft SQL. Andi Offset, Yogyakarta.

Downloads

Published

2018-07-23