Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Fuzzy Logic Berbasis Multimedia

Authors

  • Septilia Arfida Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Teknik Informatika, Institut Informatika Dan Bisnis
  • Ridho Binsar Saputra Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Teknik Informatika, Institut Informatika Dan Bisnis

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3409071

Keywords:

Aplikasi Pembelajaran, Multimedia, Fuzzy Logic

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini telah berkembang pesat, salah satunya dalam bidang pendidikan. Pendidikan adalah hal terpenting dalam kehidupan masyarakat. Mengadaptasi pada proses belajar mengajar dalam penerapan teknologi memiliki dua unsur yang sangat penting yaitu metode mengajar dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran. Aplikasi pembelajaran berbasis multimedia merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan bagi pelajar dalam dunia pendidikan saat ini. Karena dapat memberikan materi pelajaran secara interaktif dengan didukung berbagai aspek seperti audio, video, animasi, teks, dan grafik. Metode pengembangan perangkat lunak aplikasi pembelajaran Multimedia ini menggunakan Siklus Hidup Pengembangan Multimedia. Pengembangan multimedia ini dilakukan berdasarkan sebelas tahap, yaitu mendefinisikan masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan sistem, merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafik, memproduksi sistem, mengetes sistem, menggunakan sistem, memelihara sistem. Aplikasi pembelajaran memberikan salah satu pilihan alternatif dalam memberikan pengetahuan tentang mata kuliah Fuzzy Logic dengan menggunakan media pembelajaran yang berbasis multimedia yang dapat membantu mahasiswa untuk proses belajar materi Fuzzy Logic, dibangun dengan menggunakan Action Script2 yang terdapat pada Adobe Flash CS6 dan berbasis animasi. Sehingga aplikasi pembelajaran ini lebih menarik minat mahasiswa untuk belajar, dengan materi-materi yang dipelajari dalam perkuliahan Fuzzy Logic

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Septilia Arfida, Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Teknik Informatika, Institut Informatika Dan Bisnis

Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Teknik Informatika, Institut Informatika Dan Bisnis

Ridho Binsar Saputra, Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Teknik Informatika, Institut Informatika Dan Bisnis

Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Teknik Informatika, Institut Informatika Dan Bisnis

Downloads

How to Cite

Arfida, S., & Saputra, R. B. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Fuzzy Logic Berbasis Multimedia. JUPITER: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer, 9(2), 1–8. https://doi.org/10.5281/zenodo.3409071

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 

You may also start an advanced similarity search for this article.