PENGEMBANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK PENCARIAN RUMAH KOST DI BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus : Bagian PMB IBI Darmajaya)
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.3411896Keywords:
Electronic Customer Relationship Management (E-CRM), rumah kost, IBI DarmajayaAbstract
Penelitian ini menghasilkan E-CRM pada bagian pendaftaran mahasiswa baru di sebuah Perguruan Tinggi (studi kasus pada IBI Darmajaya) sebagai salah satu fasilitas yang memberikan pelayanan optimal kepada mahasiswa dalam pencarian rumah kost. Dalam proses pencarian rumah kost, mahasiswa menghadapi beberapa kendala antara lain minimnya informasi mengenai rumah kost, mulai dari harga, alamat, dan fasilitas yang diberikan. Pada umumnya informasi hanya sebatas alamat, sehingga informasi tidak akurat, untuk itu dibutuhkan sebuah interface sebagai media pencarian rumah kost. Metode pengembangan sistem yang digunakan berbasis Object Oriented Analisys and Design (OOAD), melalui empat tahapan yaitu : 1. Inception, 2. Elaboration, 3. Construction, 4. Transition sehingga E-CRM yang dibangun menyediakan informasi akurat mengenai rumah kost, peta lokasi dan jarak rumah kost dengan IBI Darmajaya. Hasil dari penelitian ini di implementasikan dalam bentuk aplikasi E-CRM untuk mempermudah mahasiswa dalam melakukan pencarian rumah kost di Bandar Lampung. Sehingga, ini menunjukkan IBI Darmajaya sangat optimal dalam pelayanan tidak hanya dalam penerimaan mahasiswa baru tetapi juga menjalin hubungan yang lebih erat dengan mahasiswa IBI Darmajaya yang membutuhkan informasi rumah kost.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2017-04-24
How to Cite
karnila, S., & Setiadi, F. (2017). PENGEMBANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK PENCARIAN RUMAH KOST DI BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus : Bagian PMB IBI Darmajaya). JUPITER: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer, 9(1), 37–46. https://doi.org/10.5281/zenodo.3411896
Issue
Section
Articles