PENGEMBANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK PENCARIAN RUMAH KOST DI BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus : Bagian PMB IBI Darmajaya)

Sri karnila, Feri Setiadi

Sari


Penelitian ini menghasilkan E-CRM pada bagian pendaftaran mahasiswa baru di sebuah Perguruan Tinggi (studi kasus pada IBI Darmajaya) sebagai salah satu fasilitas yang memberikan pelayanan optimal kepada mahasiswa dalam pencarian rumah kost. Dalam proses pencarian rumah kost, mahasiswa menghadapi beberapa kendala antara lain minimnya informasi mengenai rumah kost, mulai dari harga, alamat, dan fasilitas yang diberikan. Pada umumnya informasi hanya sebatas alamat, sehingga informasi tidak akurat, untuk itu dibutuhkan sebuah interface sebagai media pencarian rumah kost. Metode pengembangan sistem yang digunakan berbasis Object Oriented Analisys and Design (OOAD), melalui empat tahapan yaitu : 1. Inception, 2. Elaboration, 3. Construction, 4. Transition sehingga  E-CRM  yang dibangun menyediakan informasi akurat mengenai rumah kost, peta lokasi dan jarak rumah kost dengan IBI Darmajaya. Hasil dari penelitian ini di implementasikan dalam bentuk aplikasi E-CRM  untuk mempermudah mahasiswa dalam melakukan pencarian rumah kost di Bandar Lampung. Sehingga, ini menunjukkan IBI Darmajaya sangat optimal dalam pelayanan tidak hanya dalam penerimaan mahasiswa baru tetapi juga menjalin hubungan yang lebih erat dengan mahasiswa IBI Darmajaya yang membutuhkan informasi rumah kost.

Kata Kunci


Electronic Customer Relationship Management (E-CRM), rumah kost, IBI Darmajaya

Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: http://dx.doi.org/10.5281/zenodo.3411896

Article Metrics

Sari view : 151 times
PDF (English) - 110 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dedicated to:


Indexed by:



Creative Commons License
JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer) This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.