Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework (ITIL) V3

Authors

  • Cahya Indah Safitri Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Didi Supriyadi Institut Teknologi Telkom
  • Sarah Astiti Institut Teknologi Telkom

Keywords:

Manajemen Layanan Teknologi Informasi, ITIL V3, Maturitas

Abstract

bstrakLayanan Teknologi Informasi (TI) merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh suatu perusahaan atau instansi. Layanan Teknologi Informasi juga diberikan kepada pegawai sebagai pengguna (user) di Pengadilan Negeri Purbalingga. Dengan adanya layanan Teknologi Informasi diharapkan mampu membantu user dalam pekerjaannya. Berdasarkan hasil kuesioner tingkat kepuasan pegawai terhadap layanan teknologi informasi, kepuasan pengguna terhadap layanan Teknologi Informasi di Pengadilan Negeri Purbalingga berada diangka 3.31 dengan skala 1-5. Kondisi ini masih dinilai belum optimal untuk memenuhi layanan TI di Pengadilan Negeri Purbalingga sehingga perlu dilakukan pengukuran untuk mencapai target yang diinginkan yaitu 4. Dengan adanya permasalahan tersebut peneliti mengukur maturitas terhadap sistem untuk mengetahui tingkat kematangan saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL) V3. ITIL dipilih karena telah digunakan secara terus-menerus untuk mengukur sebuah manajemen layanan teknologi informasi dan dapat mengembangkan, meningkatkan serta memperbaiki kualitas menajemen layanan teknologi informasi.. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi kepada bagian Perencanaan,Teknologi Informasi, dan Pelaporan (PTIP) yang secara langsung mengelola layanan TI yang ada pada Pengadilan Negeri Purbalingga. Rekomendasi ini diberikan bertujuan agar dapat meningkatkan nilai kematangan dan memperbaiki menejemen layanan teknologi informasi yang di kelola oleh PTIP.Kata kunci— Manajemen Layanan Teknologi Informasi, ITIL V3, Maturitas. AbstractInformation Technology (IT) service is one of the facilities provided by a company or agency. Information Technology services are also provided to employees as users at the Purbalingga District Court. With the existence of Information Technology services, it is expected to be able to help users in their work. Based on the results of the questionnaire on the level of employee satisfaction with information technology services, user satisfaction with Information Technology services at the Purbalingga District Court is 3.31 on a scale of 1-5. This condition is still considered not optimal to fulfill IT services at the Purbalingga District Court so that measurements need to be taken to achieve the desired target, namely 4. With this problem, researchers measure the maturity of the system to determine the current maturity level. The method used in this research is the Information Technology Infrastructure Library (ITIL) V3 framework. ITIL was chosen because it has been used continuously to measure an information technology service management and can develop, improve and improve the quality of information technology service management. The purpose of this study is to provide recommendations to the Planning, Information Technology, and Reporting (PTIP) section. directly managing the existing IT services at the Purbalingga District Court. This recommendation is given in order to increase the value of maturity and improve the management of information technology services managed by PTIP. Keywords— Information Technology Service Management, ITIL V3, Maturity.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Cahya Indah Safitri, Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Teknologi Informasi

Didi Supriyadi, Institut Teknologi Telkom

Teknologi Informasi

Sarah Astiti, Institut Teknologi Telkom

Teknologi Informasi

Published

2021-04-14

How to Cite

Safitri, C. I., Supriyadi, D., & Astiti, S. (2021). Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework (ITIL) V3. JUPITER: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer, 13(1), 134–144. Retrieved from https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jupiter/article/view/3258