Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking pada Bank Mandiri KC Palembang Arief

Authors

  • Rizki Purwandari Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Heri Setiawan Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Hendra Sastrawinata Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7473312

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh  persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan persepsi resiko terhadap minat nasabah menggunakan M-Banking Bank Mandiri KC Palembang Arief. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 100  responden digunakan sebagai sampel dengan pengumpulan data  melalui kuesioner. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, dengan karakteristik nasabah Bank Mandiri pengguna M-Banking. Peneliti menggunakan regresi linear berganda untuk analisis data, selanjutnya diolah melalui program SPSS versi 26. Hasil analisis membuktikan secara terpisah atau parsial persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan memiliki pengaruh positif dan signifikan atas minat nasabah menggunakan M-Banking, sedangkan persepsi risiko menunjukkan hasil negatif dan signifikan. Variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan persepsi risiko secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah. Besarnya pengaruh variabel pesepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan persepsi risiko ialah sebesar 46,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai masukan bagi Bank Mandiri.

Downloads

Published

2022-12-28