Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pada Toko Pempek Flamboyant Palembang

Authors

  • Tiara Noviana Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Hendra Sastrawinata Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Purwati Purwati Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7473354

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah sebagai alternatif strategi pengembangan usaha untuk bersaing pada suatu perusahaan yang tepat dengan menggunakan Metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Oppurtunity, Threats) Melalui pendekatan kualitatif deskriptif di Toko Pempek Flamboyant Palembang cabang Radial. Analisis SWOT ini dilakukan dengan menganalisis IFAS matrix (Matrix Internal Factor Analysis Summary) yang mendeskripsikan faktor-faktor kekuatan dan kelemahan perusahaan dan EFAS matrix (Matrix Eksternal Factor Analysis Summary) yang mendeskripsikan tentang faktor-faktor peluang dan ancaman perusahaan, masing-masing diperoleh nilai bobot dari faktor kekuatan sebesar 0,6 , nilai bobot dari faktor kelamahan tertinggi sebesar 0,27, nilai bobot dari faktor peluang tertinggi 0,44 , dan nilai bobot dari faktor ancaman tertinggi 0,2. Nilai total skor rata-rata pada skor keseluruhan dari matrix IFAS 3,52 sedangkan skor keseluruhan dari matrix EFAS 3,34. Dari hasil tersebut maka Toko Pempek Flamboyant Palembang cabang Radial berada pada kuadran I dan untuk Strategi Pengembangan usaha yang harus dilakukan yaitu  strategi pertumbuhan agresif.

Downloads

Published

2022-12-28