Pengaruh Kualitas Pelayanan Museum Nasional Indonesia terhadap Minat Berkunjung Kembali Pengunjung

Authors

  • M Daffa Atallarick
  • Markoni Badri
  • Yusleli Herawati

DOI:

https://doi.org/10.5281/jtiemb.v1i3.2382

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat pengaruh kualitas pelayanan Museum Nasional Indonesia terhadap minat berkunjung kembali pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif-deskriptif dengan menggunakan 100 responden yang pernah melakukan kunjungan ke Museum Nasional Indonesia lebih dari satu kali. Variabel Bebas adalah Kualitas Pelayanan dengan dimensi Bukti Fisik, Daya Tanggap, Empati, Komunikasi, dan Pameran, sedangkan Varibael Terikat adalah Minat Berkunjung kembali. Pengambilan data penelitian menggunakan teknik survei yang dilakukan melalui wawancara dan penyebaran kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan IBM SPSS versi 25 dengan Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Koefisien Determinasi, Uji F, dan Uji t. Secara Simultan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang sangat kuat dan berhubungan positif-signifikan antara kualitas pelayanan museum dengan minat berkunjung kembali. Secara Parsial menunjukkan bahwa Bukti Fisik, Empati, Komunikasi, dan Pameran, berpengaruh positif-signifikan, sedangkan Daya Tanggap berpengaruh positif-tidak signifikan terhadap minat berkunjung kembali pengunjung ke Museum Nasional Indonesia. Perlu bagi Museum Nasional Indonesia untuk tetap mempetahankan, menambah beragam perlayanan publik, dan meningkatkan ketanggapan pegawai museum kepada pengunjung.

References

Apriyani, N., dan Suharti. 2017. “Analisis Pengaruh Persepsi Kebermandaatan, Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Ulang Pengguna Smartphone Xiaomi”. Jurnal Manajemen Dewantara, Vol. 1, No. 1, hlm. 21-34.

Direktorat Jenderal Kebudayaan. 2012. Direktori Museum Indonesia. Jakarta: Kemendibud RI.

Frochot, I., dan Hughes, H. 2000. “HISTOQUAL: The Development of a Historic Houses Assessment Scale”. Tourism Management, Vol. 21, hlm. 157-167.

Gilmore, A., dan Rentschler, R. 2002. “Changes in Museum Management: A Custodial or Marketing Emphasis?”. Journal of Management Development, Vol. 20, No. 10, hlm. 745 – 760.

Hidayah, N. 2019. Pemasaran Destinasi Pariwisata. Bandung: Alfabeta.
Hui-Ying, S., dan Chao-Chien, C. 2008. “A Study of Service Quality and Satisfaction for Museum: Taking the National Museum of Prehistory as an Example”. Journal of Human Resource and Adult Learning, Vol. 14, No. 1, hlm. 159-170.

ICOM. 2007. Museum Definition. Diakses dari https://icom.museum/en/standards-guidelines/museum-definition/ pada 15 Februari 2020.

Irdana, N., dan Kumarawarman, S. 2018. “Konsep Penataan Koleksi Museum untuk Mempermudah Pemahaman Wisatawan dalam Wisata Edukasi Arsip dan Koleksi Perbankan di Museum Bank Mandiri Jakarta”. Jurnal Diplomatika, Vol. 1, No. 2, hlm. 132-147.

Isnaini, K. 2019. “Kualitas Layanan Museum House of Sampoerna Kota Surabaya”. Universitas Airlangga.

Markovic, S., Raspor, S., dan Komsic, J. 2013. “Museum Service Quality Measurement Using The HISTOQUAL Model”. 2nd International Scientific Conference Tourism in Southern and Eastern Europe, hlm. 201-216.

MNI. 2017. Pengembangan Museum Nasional. Jakarta: MNI.
Nguyen-Viet, B., dan Ho-Nguyen, H. 2019. “Factors Impact of Tourist Destination Loyalty: A Case Study in Ho Chi Minh City”. African Journal of Hospitality, Vol. 8, No. 3, hlm. 1-15.

Nuraeni, B. S. 2014. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berkunjung kembali Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang”. Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 23, No. 1, hlm. 1-20.

PDSPK Kemendikbud. Statistik Kebudayaan 2019. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Priansa, D. J. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Purba, M. L., dan Simarmata, G. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Budaya Terhadap Daya Tarik dan Minat Berkunjung ke Wisata Percut”. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, Vol. 5, No. 1, hlm. 106-117.

Putra, F. K. K. 2016. “Implementation of HISTOQUAL Model to Measure Visitors Expectations and Perceptions in Museum Geology Bandung”. STP Bandung.

Saidani, B., dan Arifin, S. 2012. “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market”. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, Vol. 3, No. 1, hlm. 1-22.

Sangadji, E. M., dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertasi Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Santoso, S. 2019. Menguasai SPSS versi 25. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sanusi, A. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Sunjayadi, A. 2019. “Pariwisata Sejarah untuk Generasi Milenial dan Generasi Z”. ABAD Jurnal Sejarah, Vol. 3, No. 2, hlm. 28-41.

Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Jakarta: Andi.

Wibowo, A. J. I. 2015. “Persepsi Kualitas Layanan Museum di Indonesia: Sebuah Studi Observasi”. Jurnal Manajemen, Vol. 15, No. 1, hlm. 13-40.

Downloads

Published

2021-02-03