Implementasi Mean Shift Clustering Dalam Mengelompokkan Pelanggan Retribusi Alat Pemadam Kebakaran Pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Palembang

Main Article Content

Rafli Agil Caesar
Desi Apriyanty
Andre Mariza Putra

Abstract

Penelitian ini menerapkan Metode Mean Shift Clustering untuk mengelompokkan data pelanggan retribusi alat pemadam kebakaran berdasarkan titik lokasi latitude, longitude, dan status pembayaran. Aplikasi yang dikembangkan mampu menghasilkan kelompok-kelompok pelanggan dengan karakteristik data terdekat, memberikan informasi yang lebih berarti bagi petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palembang. Selain itu, penggunaan aplikasi ini telah menggantikan penggunaan aplikasi berbasis Excel dalam pengumpulan data. Aplikasi ini juga membantu Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palembang dalam mengidentifikasi area-area yang memerlukan perhatian khusus dalam penagihan retribusi, memungkinkan fokus yang lebih baik dalam upaya meningkatkan kepatuhan pelanggan. Dengan demikian, penelitian ini memiliki potensi untuk meningkatkan manajemen data, efisiensi operasional, dan pengambilan keputusan strategis di lingkungan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palembang.

Article Details

Section
Articles

References

Reliovani, Ryan, dkk. 2021. Algoritma Mean Shift untuk Menentukan Segmentasi Pelanggan pada Penjualan Toko Online. Gunung Djati Conference Series. Vol. 3 : 92-98.

Wardhana, Asepta Surya., Effendy, Machmud. 2022. Perbandingan Ketepatan Pemantauan Obyek Bergerak dengan Metode Mean Shift dan Expectation Maximization-Mean Shift. Jurnal Seminar Keinsinyuran Vol 2, No 1 : 28-40

Nuryani, Indah., & Darwis, Dedi. 2021. Analisis Clustering Pada Pengguna Brand HP Menggunakan Metode K-Means. Prosiding Seminar Nasional Imu Komputer. Vol. 1, No. 1.