Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Lahan Padi Sawah Tadah Hujan Menggunakan Metode Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FMADM

Main Article Content

Yelly Y Nabuasa
Nelci D Rumlaklak
Siti S Said

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sistem pemilihan lokasi lahan sawah di Kabupaten Kupang Timur. Permasalahan tujuan penelitian adalah membuat sistem seleksi lokal lahan sawah di Kabupaten Kupang Timur. Hal itu menyebabkan petani di Kupang Timur kesulitan dalam menentukan lahan yang akan digunakan untuk menanam padi jenis ini. Sedangkan di wilayah Kupang Timur, pemilihan jenis lahan tetap dilakukan tanpa mengecek kesuburan tanah atau kondisi tanah. Dengan demikian, informasi pendukung keputusan untuk mendefinisikan sawah juga tidak akurat dan membuat petani di Kupang Timur terancam gagal panen. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan sistem pengambilan keputusan fuzzy multi-attribute decision-making (FMADM), yang memiliki 13 alternatif dan 7 kriteria, dimana nilai preferensinya adalah suhu 20%, curah hujan 20%, kelembaban 20%, drainase 13%, tekstur tanah. 13%, kedalaman tanah 7% dan pH H₂O 7%. Data lahan sebanyak 60 orang petani digunakan sebagai data uji untuk perhitungan dan diperoleh persentase tertinggi dari opsi terpilih yaitu lahan Cristovel Ullu dengan kode opsi Desa Oesao yang memiliki hasil tertinggi sebesar 0,966. Hasil pengujian UAT dilakukan terhadap 9 responden dengan total 5 pertanyaan untuk mengetahui kepuasan responden terhadap kegunaan fungsi, kesesuaian antarmuka sistem dan informasi yang disediakan oleh system dan hasilnya adalah 90,212 %.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Yelly Y Nabuasa, Universitas Nusa Cendana

program Studi Ilmu Komputer

References

Arie Pradana, H., & Fitriyani. (2020). Pengambilan Keputusan pemilihan Sekolah Dasar Islam Menggunakan Metode SAW dan FMADM di Pangkalpinang. 9, 132–137.

Arief, M. R. (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MYSQL. Andi.

Arzoo, K., & Rathod, A. K. (n.d.). K-Means algorithm with different distance metrics in spatial data mining with uses of NetBeans IDE 8.2. 04(04), 6.

Daihani, D. (2001). Sistem Pendukung Keputusan. Elex Media Komputindo.

F. K Sibero, A. (2013). Web Programing Power Pack. MediaKom.

Jogiyanto, H. M. (2005). Analisis dan Desain Sitem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi.

Kusumadewi, S. (2003). Artificial Intellegence ( Teknik dan Aplikasinya) (1st ed.).GrahaIlmu.

Kusumadewi, S. (2006). Fuzzy Multy-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Graha Ilmu.

Kusumadewi, S. (2010). Aplikasi Fuzzy Untuk Mendukung Keputusan. Graha Ilmu.

Limbong, T. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Metode dan Implementasi. Penerbit Yayasan Kita Menulis.

Naben, L., Letelay, K., & S.Y. Pandie. (2020). Sistem Pendukung Keputusan

Penentuan Lokasi Lahan Pertanian Untuk Budidaya Tanaman Jeruk Keprok Menggunakan Fuzzy Multy Attribute Decission Making (FMADM) dan Metode Simple Additive Weighting (SAW). 8, 139–144.

Nurul Adila, W., Regasari, R., & Nurwasito, H. (2018). Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Pemilihan tanaman Pangan Pada Suatu Lahan Berdasarkan Kondisi Tanah Dengan Metode Promethee. 2.

Nopriandi, H., & Wandi Al Hafiz, N. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi di Lingkungan Fakultas Farbiyah dan Keguruan Menggunakan Fuzzy Multiple Decision Making (FMADM). 2, 33–44.

Rendra Husein Roisdiansyah, M., Wahyu Widodo, A., & Hidayat, N. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Penanaman Varietas Unggul Padi Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS. 1, 1058–1065.

Satria, B., &Tambunan, L. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan

Bantuan Rumah Layak Huni Menggukan FMADM dan SAW. 5, 167–176.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukanto, Ariani, R. & Shalahuddin, M. 2015. Kolaborasi Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Berorientasi Objek. Bandung: Bandung Informatika.

Supriyanti, A., Supriyanta, & Kristamtini. (n.d.). Vegetalika Vol. 4 No. 3, 2015: 29-41.

Supono, & Putratama, V. (2018). Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP 48

dan Framework Codeigniter (1st ed.). Deepublish.

Suryadi, K., & Ali Ramdhani, M. (2002). Sistem Pendukung Keputusan: Suatu

Wacana Struktural Idealisasi dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan. Remaja Rosdakarya.

Turban, E. (2005). Decision Support Systems and Intelligent Systems (7th ed.).

Andi.

Turban, E., Sharda, R., & Delen, D. (2011). Decision support and business intelligence systems (9th ed). Prentice Hall.

Undang-undang Nomor 18. (2012). Pangan Lembaran Negara Republik Indonesia. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5360.

Yusuf, A., & Harnowo, D. (2010). Teknologi Budidaya Padi Sawah Mendukung