Perancangan Aplikasi Survei Kualitas Pelayanan Publik pada Bagian Sistem Informasi Divisi Regional III Palembang PT. KAI (Persero)

Main Article Content

Yulia Hapsari
Deri Darfin
Ferizka Tiara Devani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu Perancangan Aplikasi Survei Pelayanan Publik dibagian Sistem Informasi Divre III Palembang PT Kereta Api Indonesia dengan menggunakan bahasa pemograman PHP serta database MySQL. Masalah yang dihadapi oleh bagian Sistem informasi dalam melakukan survei pelayanan publik yaitu belum terkomputernisasi, masih manual atau dengan cara bertatap langsung dengan responden sehingga memakan waktu yang sangat banyak dan dalam pembuatan laporannya tidak realtime. Perancangan Aplikasi ini terdiri dari 4 user  yaitu admin, staff, manager dan responden. Perancangan Aplikasi ini memproses data akun user,data kategori survei,data quisioner,data jawaban dan menghasilkan keluaran berupa data hasil survei pelayanan publik. Perancangan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran solusi mengenai masalah survei pelayanan publik di Divre III Palembang Bagian Sistem Informasi PT Kerata Api Indonesia (PERSERO).
Kata Kunci : Divre III Palembang PT Kereta Api Indonesia, Survei,PHP, MySQL

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Yulia Hapsari, Politeknik Negeri Sriwijaya

Manajemen Informatika

Deri Darfin, Politeknik Negeri Sriwijaya

Manajemen Informatika

Ferizka Tiara Devani, Politeknik Negeri Sriwijaya

Manajemen Informatika

References

- Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta, Bandung.

- Rodin, Rhoni.2020. Inforamsi dalam konteks social budaya. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.

- Rusdiana, dan Moch Irfan. 2014. Sistem Informasi Manajemen. Bandung:CV. Pustaka Setia.

- Sari, Indah Purnama.2021. Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak. Medan: Umsu Press.

- Setyawan, Muhammad Yusril Helmi dan Dinda Ayu Pratiwi. 2020. Membuat Sistem Informasi Gadai Online Menggunakan Codeignitter Serta Kelola Proses Pemberitahuannya, Bandung:Kreatif Industri Nusantara.

- Suwartono. 2014. Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi

- Tjiptono Fandy dan chandra Gregorius. (2016). Service, Quality & satisfaction.Yogyakarta.Andi.

- Tjiptono Fandy. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

- TMBooks. 2017. Sistem Informasi Akuntansi: Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI.

- Walujo,Djoko Adi, Titiek Koesdijatu dan Yitno Utomo.2020. Pengendalian Kualitas. Surabaya.Scopindo Media Pustaka

- Yudhanto. (2019). Perancangan dan impllementasi survey kepuasan pelanggan berbasis web. Jakarta: Institut bisnis dan Informatika

kwik kian gie.