PERANCANGAN APLIKASI PENGADUAN PELANGGAN BERBASIS WEB PADA PT TELKOM KANCATEL PEMANGKAT

Main Article Content

widji astuti
Muhammad Anggi Kurniawan
Renol Burjulius

Abstract

Perkembangan teknologi sangat cepat seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga kebutuhan akan pelayanan informasi yang cepat dan efisien menjadi hal yang lumrah. PT. Telkom Kancatel Pemangkat adalah salah satu penyedia jasa berlangganan internet pasang baru, pemasangan box odp yang ada di Pemangkat. Peningkatan jumlah pelanggan PT. Telkom Kancatel Pemangkat diharapkan berbanding lurus dengan peningkatan pelayanan dari pihak Telkom dalam penanganan permasalahan yang ada pada pelanggan. Saat ini, untuk laporan keluhan pelanggan di Plasa PT. Telkom Kancatel Pemangkat masih mengharuskan pelanggan langsung ke kantor PT. Telkom Kancatel Pemangkat. Hal ini mendorong peneliti untuk membuat website keluhan pelanggan di Plasa PT. Telkom Kancatel Pemangkat berbasis website. Ada beberapa kemudahan yang diperoleh petugas dan pelangan dalam mengelola maupun melakukan keluhan tentang gangguan yang terjadi pada perangkat dan jaringannya dengan menggunakan website ini. Karena website ini dilengkapi dengan crawling yang mana sistem hanya dapat menerima pengaduan pelanggan yang terdaftar di area Pemangkat. Website ini sudah dapat membantu dan mempermudah bagi pelanggan PT. Telkom Kancatel Pemangkat untuk memberikan pelaporan keluhan atau komplain terhadap masalah-masalah yang terkait dengan fasilitas seperti gangguan jaringan yang terjadi secara cepat tanpa harus pergi ke kantor PT. Telkom Kancatel Pemangkat, dan memudahkan pelanggan dalam melakukan pengaduan dan pengecekan pengaduan.

Article Details

Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2013)." Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek Informatika,".

Bagus Laksono. (2020)." Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Pengaduan Pelanggan Berbasis Web Pada Pt Bumi Lingga Pertiwi,".

Dalle, Juhriyansyah., A.Akrim., & Baharuddin. (2020). Pengantar Teknologi Informasi. Depok : Rajawali Pers.

I. Binanto, “Analisa Metode Classic Life Cycle (Waterfall) Untuk Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia,” Univ. Sanata Dharma, 2014.

Jogiyanto. (2005). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rohimah dan A. D. Supriatna. (2015). “Pengembangan Aplikasi Daftar Keluhan Pelanggan Internet di PT.Rahajasa Media Internet,”.

Yeni, H., & Rasjid, N. (2019). Aplikasi Keluhan Pelanggan di Plasa Telkom PT . Telkom. 156–163.