Aplikasi Pengolahan Data Alat Kesehatan di Rumah Sakit Islam Siti Khadijah dengan Pendekatan Metode Economic Order Quantity

Main Article Content

Nita Novita
Ahmad Ari Gunawan Sepriansyah
Desi Apriyanty
Ayu Khoiriyah

Abstract

Tujuan pembuatan aplikasi pengolahan data alat kesehatan ini untuk dapat digunakan oleh bagian gudang instalasi farmasi Rumah Sakit Islam Siti Khadijah, dalam mengendalikan kekurangan atau kelebihan persediaan alat kesehatan habis pakai. Aplikasi ini dirancang menggunakan basis data MySQL dan bahasa pemrograman PHP, serta menggunakan pendekatan metode Economic Order Quantity (EOQ) dalam basis website yang bertujuan menentukan jumlah pesanan yang dapat meminimumkan biaya penyimpanan dan biaya pemesanan persediaan. Penerapan metode Economic Order Quantity pada aplikasi yang dimulai dari memasukkan variabel-variabel perhitungan seperti jumlah kebutuhan barang tiap waktu tertentu, biaya setiap kali melakukan pemesanan barang dan biaya penyimpanan tiap barang. Sistem ini menghasikan perhitungan sebagai pendukung keputusan dalam melakukan pembelian alat kesehatan habis pakai yang ekonomis di gudang instalasi farmasi Rumah Sakit Islam Siti Khadijah.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Ahmad Ari Gunawan Sepriansyah, Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya

Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya

Desi Apriyanty, Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya

Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya

Ayu Khoiriyah, Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya

Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya

References

Apriyani, Noor dan Ahmad Muhsin. 2017. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Metode Economic Order Quantity dan Kanban Pada PT Adyawinsa Stamping Industries, Jurnal OPSI, Vol. 10 (2), 128-142.

Fiana, Elma, Charles Jhony Mantho Sianturi, Erwin Ginting. 2021. Sistem Informasi Inventory Control Minuman Cap Badak Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Pada PT. Jasa Harapan Barat, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 2 (2), 723-732.

Gunawan, Rahmat, Yahya Suherman, Nova Zakiatul Auliya. 2021. Perancangan Sistem Infromasi Pengadaan Barang Berbasis Web Pada PT. Sintas Kurama Perdana Karawang: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, Vol. 14 (1), 101-113.

Listanto, Andrew, Paulus Hartanto. 2018. Sistem Informasi Manajemen Persediaan Barang Berbasis Web Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Studi Pada Toko Kudus Jaya. Jurnal EBisnis, Vol. 11 (1), 1-7.

Muhandhis, Isnaini, Angga Pradana Setiawan. 2019. Sistem Informasi Pengendalian Obat dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Edutic, Vol. 6 (1), 1–9.

Medtek PT. 2016. Alat Kesehatan yang Bersifat Disposable. https://www.ptmedtek.com/news/alat_kesehatan_yang_bersifat_disposable.html.

Setiyawati, Sri, Nurmainah, Nera Umilia Purwanti. 2022. Analisis Pengendalian Persediaan Psikotropika Dengan Metode ABC, EOQ, dan Buffer Stock di Rumah Sakit Jiwa Sungai Bangkong Pontianak. Universitas Tanjung Pura: Pontianak.

Umrati dan Hengki Wijaya. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.