ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS SEBAGAI SARANA PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS OESAPA KOTA KUPANG

Main Article Content

Yelly Y Nabuasa

Abstract

Puskesmas merupakan instansi yang bergerak dibidang pelayanan jasa kesehatan masyarakat. Pada zaman sekarang telah banyak di bangun Rumah Sakit akan tetapi di daerah pelosok atau desa yang ada masih Puskesmas yang berfungsi sebagai usaha preventif (pencegahan) dan operatif (penanggulangan) terhadap upaya-upaya kesehatan masyarakat. Puskesmas Oesapa merupakan salah satu instansi pemerintahan di bidang kesehatan yang memiliki peranan sangat penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di Kota Kupang. Masalah utama dalam penelitian ini adalah proses pelayanan yang ada di puskesmas Oesapa masih dilakukan secara manual. Dengan dibuatnya aplikasi system informsdi Rekam Medis diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan terutama Informasi data pasien, data rekam medis, data kunjungan pasien, data penerimaan obat, data pengeluaran obat, dan data dokter , data persediaan obat dapat dicari dengan mudah dan dengan waktu yang relatif singkat.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Yelly Y Nabuasa, Universitas Nusa Cendana

program Studi Ilmu Komputer

References

Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP & MySQL secara otodidak. Indonesia : MediaKita.

Heryanto, Agus. 2010. Aplikasi PelayananPuskesmas Berbasis Web. Jakarta

Jogiyanto, H.M., 1995. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Peraturan Menteri Kesehatan Tahun No.21 Tahun 2014 tentang Penggunaan Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan NasionalUntuk Jasa Pelayanan Kesehatan Dan Dukungan Biaya Operasional Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Milik Pemerintah Daerah

Pahlevi, Said Mirza. 2013. Tujuh Langkah Praktis Pembangunan Basis Data

Pressman, R. S., 2010. Software Engineering - A practitioner's approach. 7th penyunt. Boston: McGraw-Hill.

Saputra, Agus. 2010. Trik Pemprograman PHP dan Solusi Jitu Jakarta : PT. Elex Media Komputindo Jakarta.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Publisher.

Sutarman. 2012. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta : Bj.umi Aksara

Sukamto, Rosa A dan M. Shalahuddin.2018. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Raymond Mcleod, Jr , Sistem Informasi Management Jilid Dua, Edisi Bahasa Indonesia, PT. Bhuana Ilmu Populer, Jakarta, 2001.