PERANCANGAN APLIKASI E-COMMERCE PENJUALAN KAYU PADA PT. SEKAR GAYANTI UTAMA BERBASIS WEB

Main Article Content

Indra Griha Tofik Isa

Abstract

E-Commerce saat ini menjadi platform penjualan yang mendominasi terutama pada masa pandemi covid-19. Saat ini tren pertumbuhan e-commerce di Indonesia terbilang cukup tinggi yakni berada di angka 78% dan masuk ke dalam 10 negara dengan pertumbuhan e-commerce tertinggi. Dalam penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi e-commerce berbasis Android yang memudahkan PT. Sekar Gayanti Utama dalam melakukan proses transaksi penjualan dan pembelian kayu. Permasalahan yang muncul adalah (1) Penjualan dan pembelian rentan terhadap pembatalan karena biasa bertemu langsung dengan makelar atau pemilik lahan dan survey langsung tanpa tahu kayu tersebut sesuai dengan keinginan atau tidak dan lokasi saw mill tidak memungkinkan untuk melakukan penebangan dan (2) Proses penjualan dan pembelian belum berbentuk website atau online, sehingga menghambat waktu untuk proses selanjutnya seperti penebangan kayu dan pengiriman kayu. Pengembangan sistem dilakukan dengan metode waterfall yang diawali dengan analisis, perancangan, impelementasi dan pengujian. Dalam aspek perancangan dilakukan secara terstruktur dengan membuat pemodelan Diagram Konteks, Data Flow Diagram, Perancangan Basis Data dan Perancangan Tampilan Antar muka Pengguna. Hasil akhir dari penelitian ini adalah perancangan aplikasi penjualan kayu berbasis web.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Indra Griha Tofik Isa, Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya

Jurusan Manajemen InformatikaPoliteknik Negeri Sriwijaya

References

Kementerian Komunikasi dan Informasi, “https://kominfo.go.id/,” 2020.

B. Burhanudin and B. Baharuddin, “Aplikasi E-Commerce Pada Toko Khairunniswa Berbasis Web,” Simtek J. Sist. Inf. dan Tek. Komput., vol. 2, no. 1, pp. 7–13, 2017, doi: 10.51876/simtek.v2i1.27.

E. Haerulah and S. Ismiyatih, “Aplikasi e-commerce penjualan souvenir pernikahan pada toko ‘ XYZ ,’” J. Prosisko, vol. 4, no. 1, pp. 43–47, 2017, [Online]. Available: https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/download/146/208.

D. Susandi and S. Sukisno, “Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 4, pp. 5–8, 2017, doi: 10.30656/jsii.v4i0.368.

Suherman and F. Aziz, “Rancang Bangun Aplikasi Layanan E-Commerce Tempat Oleh-oleh Wisata Anyer,” J. ProTekInfo, vol. 5, no. September, pp. 26–34, 2018.

I. G. T. ISA and D. Jhoansyah, “Implementasi Association Rules Dalam Menentukan Posisi Gerobak (Studi Kasus: Foodcourt Universitas Muhammadiyah Sukabumi),” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 13, no. 2, p. 65, 2019, doi: 10.30872/jim.v13i2.1273.

Kasmi and A. N. Candra, “Penerapan E-Commerce berbasis Business to Consumers untuk Meningkatkan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu,” J. Aktual STIE Trisna Negara, vol. 15, no. 2, pp. 109–116, 2017.

R. Irviani, Kasmi, E. Setyorini, and M. Muslihudin, “Perancangan Aplikasi E-Commerce Berbasis Android Pada Kelompok Swadaya Masyarakat Desa Margakaya Pringsewu,” J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 4, no. 1, pp. 8–12, 2018, doi: 10.35329/jiik.v4i1.46.

F. Alfiah, R. Tarmizi, and A. A. Junidar, “Perancangan Sistem E–Commerce Untuk Penjualan Pakaian Pada Toko a&S,” ICIT J., vol. 6, no. 1, pp. 70–81, 2020, doi: 10.33050/icit.v6i1.862.

A. P. Nanda and A. Maharani, “Aplikasi Electronic Commerce Sebagai Media Penjualan Produk Makanan Ringan Business Development Center Kabupaten Pringsewu,” J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 9, no. 2, pp. 127–133, 2018.