SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH)DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DI KECAMATAN ILIR BARAT II PALEMBANG

Ilsa Palingga Ninditama, Robinson Robinson, Theresia Widji

Abstract


Kecamatan Ilir Barat II adalah salah satu kecamatan di Kota Palembang yang memiliki tujuh Kelurahan dengan jumlah Kepala Keluarga 16.116 KK, 52 RW serta 206 RT. Dengan jumlah penduduk yang meningkat dan angka kemiskinan yang tinggi, pemerintah Indonesia menggagas suatu program yaitu Program Keluarga Harapan (PKH). Saat ini, pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Ilir Barat II Palembang masih menggunakan cara konvensional yang menyebabkan petugas penyeleksi membutuhkan waktu yang panjang dalam mengolah data.Sistem Pendukung Keputusan dalam penentuan Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dengan menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)merupakan sistem yang dibangun untuk membantu dalam pemilihan penerima PKH dengan perhitungan yang akurat. Warga dapat melihat hasil seleksi penerima PKH dan admin menentukan kriteria pada sistem, petugas mengolah data calon penerima PKH dan mencetak laporan. Adapun metode perhitungan yang digunakan adalahMetode Simple Additive Weighting (SAW)dan metode pengembanganWaterfall. Sistem ini diharapkan dapat memudahkan admin untuk mengolah data calon penerima PKH serta petugas untuk menyeleksi calon penerima PKH dengan menggunakan program berbasis web dan menghasilkan informasi yang cepat dan akurat.


Full Text:

PDF

References


Haerani, Ellin dan Ramdaril, 2017,Sistem Pendukung Keputusan Pendistribusian Zakat pada BAZNAS Kota Pekanbaru Menggunakan Fuzzy Multiple Attribute Decission Making (FMADM) dan Simple Additive Weighting (SAW),Jurnal Ilmiah Teknik Informatika.

Butar-Butar, Oktovantua Tp, 2015,Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Penerima Bantuan Siswa Miskin (BSM) Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus : SMP N2 Tarabintang),JurnalPelita Informatika Budi Darma.

Firdausa, Aji Prasetya Wibawa, Utomo Pujianto, 2016, Model Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Mengggunakan Metode SAW, Seminar Nasional Teknologi Informasidan Multimedia, STMIK AMIKOM Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 185 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN : 2721-1614

e-ISSN : 2722-3418