APLIKASI SENSOR PZEM UNTUK MENDETEKSI KEMAMPUAN KAPASITAS BATERAI PADA PANEL SURYA DAN SISTEM KENDALI MOTOR STEPPER SEBAGAI PENGGERAK OTOMATIS PEMBOLAK-BALIK PANGGANGAN PADA PERANCANGAN SISTEM PENGASAPAN IKAN SALAI OTOMATIS

Penulis

  • pola risma Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Arbi Pratam Dira Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Selamat Muslimin Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.8134935

Kata Kunci:

pengasapan ikan salai

Abstrak

Pengasapan ikan salai yang dilakukan manusia masih dalam bentuk tradisional menggunakan asap dari arang dan membolak-balik ikan secara manual sehingga kematangan ikan tidak merata dan juga tidak higienis. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan perancangan pengasapan ikan Salai otomatis. Pada perancangan ini menggunakan motor stepper sebagai pembolak-balik ikan agar kematangan ikan merata dan juga sensor pzem untuk mendeteksi kemampuan baterai dan kecepatan motor stepper. Alat sistem pengasapan ikan salai otomatis terdiri dari panel surya, solar charge control, dan baterai sebagai sumber daya listrik untuk arduino mega yang berperan sebagai mikrokontroler, LM2596 sebagai converter derect current (DC) to derect current (DC), sensor DHT22 sebagai pendeteksi suhu dan kelembapan, lcd berguna untuk menampilkan sistem, fan exhaust dan motor stepper sebagai output dari sistem pengasapan ikan otomatis. Alat ini mampu mempercepat proses pengasapan ikan salai dan juga menjaga tingkat kematangan ikan, sehingga ikan yang dihasilkan higienis.

Referensi

Latuconsina, R., Pattiapon, D. R., & Manuhuttu, R. L. (2019, November). Cakalang grilled R3 polnam (alat pengasapan ikan otomatis). In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) (Vol. 2, No. 1, pp. 139-142).

Pratama, E. J. (2022). Rancang Bangun Pergerakan Motor Stepper untuk Monitoring Daya Listrik Solar Panel Berdasarkan Periode Waktu. Prosiding SNST Fakultas Teknik, 12(1), 546-550.

Budiyanto, B., & Setiawan, H. (2021). Analisa Perbandingan Kinerja Panel Surya Vertikal Dengan Panel Surya Fleksibel Pada Jenis Monocrystalline. RESISTOR (Elektronika Kendali Telekomunikasi Tenaga Listrik Komputer), 4(1), 77-86.

Ridha, H. M. (2019). Rancang Bangun Alat Pengasapan Ikan Otomatis Dengan Sensor Suhu Berbasis Mikrokontroler ATMEGA328 Dan Buzzer Piezoelectric (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Maharmi, B., Palaha, F., & Prasetyo, F. (2021). Sistem pengasapan ikan otomatis mengunakan Arduino AT MEGA 2560. SainETIn: Jurnal Sains, Energi, Teknologi, dan Industri, 6(1), 8-15.

Darni, R. (2022). Sistem Pengasapan Ikan Otomatis Berbasis Internet of Things (IoT) Menggunakan Arduino AT Mega 2560. SAINS DAN INFORMATIKA: RESEARCH OF SCIENCE AND INFORMATIC, 8(2), 127-136.

Alfitri, N., Kurniadi, D., & Angraini, T. (2023). Penerapan Teknologi Pengasapan Ikan Secara Otomatis Pada Usaha Ikan Salai Di Kelurahan Lolong Belanti. JAPEPAM, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 22-26.

Pandria, T. A., & Prasanti, N. (2021). Penerapan Panel Surya sebagai Sumber Energi Listrik Alternatif pada Gedung Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar. Jurnal Serambi Engineering, 6(4).

Rahmawati, D., Ulum, M., Farisal, M., & Joni, K. (2021). Lantai Pembangkit Listrik Menggunakan Piezoelektrik dengan Buck Converter LM2596. Jurnal Arus Elektro Indonesia, 7(3), 84-89.

Mubarak'Aafi, A., Jamaaluddin, J., & Anshory, I. (2022, April). Implementasi Sensor Pzem-017 Untuk Monitoring Arus, Tegangan dan Daya Pada Instalasi Panel Surya dengan Sistem Data Logger Menggunakan Google Spreadsheet dan Smartphone. In Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika (SNESTIK) (Vol. 1, No. 1, pp. 191-196)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-12