TEKNIKA https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika <p align="justify"><strong>Jurnal TEKNIKA</strong> (P-ISSN: 0854-3143, E-ISSN: 2622-3481) is an academic Journal published by Center for Research and Community Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in the fields of Engineering. The publication of an article in Jurnal TEKNIKA is an essential building block in the development of a respected network of knowledge. It is a direct reflection of the quality of the work of the authors and the institutions that support them. Peer-reviewed articles support and embody the scientific method. It is important to agree upon standards of expected ethical behavior for all parties involved in the act of publishing: the author, the journal editors, the peer reviewers, and the publisher.</p> en-US miftakul_a@polsri.ac.id (Dr. M. Miftakul Amin, S.Kom., M.Eng.) anwar@polsri.ac.id (Almadora Anwar Sani) Wed, 08 May 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Implementasi Computer Vision Dalam Sistem Deteksi Gerakan Disiplin Kampus https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8491 <p>Sistem pendeteksi objek merupakan aspek penting dalam bidang computer vision yang mendukung terhadap perkembangan teknologi yang serba canggih seperti sekarang ini. Penelitian ini untuk mengimplementasikan teknologi computer vision dalam sistem deteksi pelanggar aturan. Di dalam Sivitas Akademika IIB Darmajaya terdapat suatu program Gerakan Disiplin Kampus, GDK merupakan upaya untuk membentuk sikap moral seseorang melalui proses prilaku yang menunjukan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan, dan ketertiban. Namun masih terdapat pelanggaran seperti merokok disembarang tempat yang menjadi kendala dalam penerapan program tersebut. Dalam upaya meningkatkan penegakan disiplin terbatasnya sumber daya manusia mendorong pemanfaatan teknologi, salah satu alternatifnya adalah memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelegence) dalam bentuk computer vision, khususnya menggunakan algoritma YOLO (You Only Look Once). Algoritma ini telah terbukti unggul dalam kecepatan dan akurasi dalam deteksi objek. Pada tahapan pengembangan dilakukan pengumpulan dataset melalui sumber online dan pengambilan gambar menggunakan kamera ponsel. Total 7.057 gambar digunakan untuk melatih model deteksi pelanggaran. Selanjutnya dilakukan proses pelatihan validasi dan pengujian menggunakan python dengan bantuan perangkat lunak seperti roboflow dan google colab. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem deteksi pelanggaran yang di implementasikan mampu mengenali objek pelanggaran. Evaluasi dilakukan menggunkan confution metrix dan parameter kinerja model seprti precision, recall, f1-score dan mAP.</p> Yunita Wulandari, Triowali Rosandy Copyright (c) 2024 TEKNIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Rekayasa https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8491 Wed, 08 May 2024 00:00:00 +0700 Perangkat Lunak Rekomendasi Kelayakan Mahasiswa Untuk Mengikuti Skripsi Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Website https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8631 <p>Masih banyak permasalahan seiring perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan khususnya di lingkup program studi Teknik Informatika Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya. Salah satunya adalah belum adanya suatu sistem yang dapat memberikan Rekomendasi kelayakan mahasiswa untuk mengikuti skripsi. Karena sebelumnya untuk pengecekan apakah mahasiswa tersebut layak atau tidak layak untuk mengikuti skirpsi masih dikerjakan melalui prosedur pengecekan satu persatu. Dalam penelitian ini menggunakan metode forward chaining dan untuk metode pengembangan perangkat lunaknya menggunakan RAD (Rapid Application Development). Metode forward chaining digunakan untuk membangun sistem rekomendasi yang dapat menentukan kelayakan mahasiswa untuk mengikuti skripsi berdasarkan persyaratan administrative yang sudah ditentukan. Metode RAD digunakan dalam pengembangan perangkat lunak untuk mempercepat proses pengembangan.Hasil penelitian berupa perangkat lunak yang dapat memberikan rekomendasi kelayakan penyusunan skripsi dengan efisien, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dan diharapkan mampu mempercepat proses penilaian kelayakan mahasiswa yang siap dalam melakukan penyusunan skripsi oleh Program Studi Teknik Informatika.</p> Aditya Dwi Nugroho, Insnandar Agus Copyright (c) 2024 TEKNIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Rekayasa https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8631 Tue, 21 May 2024 00:00:00 +0700 Pengujian FactoryIO sebagai Alat Peraga Kendali Proportional Integral Derivative (PID) pada PLC M221 https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8635 <p>Praktikum dan hands-on merupakan kegiatan yang dapat membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait objek yang dipelajari. Kegiatan ini membutuhkan alat peraga yang dapat diamati dan dipelajari secara langsung oleh mahasiswa. Tetapi pembuatan alat peraga fisik membutuhkan waktu dan biaya tambahan. Solusi yang diajukan adalah dengan menggunakan perangkat lunak simulasi pabrik, yaitu FactoryIO. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan FactoryIO sebagai peraga kendali PID pada PLC M221. Pengujian dilakukan dengan menetapkan parameter PID yang didapatkan dari hasil perhitungan menggunakan respon undak sistem tangki air dari FactoryIO. Hasil yang didapatkan adalah FactoryIO memiliki kalkulasi gravitasi yang mengakibatkan adanya tunda waktu dan osilasi pada pembacaan ketinggian air. Hal ini mengakibatkan sistem dan kontroler PID yang sudah dimodelkan tidak bekerja sesuai target yang dituju. Tetapi FactoryIO tetap dapat digunakan sebagai alat peraga PLC baik untuk komunikasi Modbus atau kontrol PID.</p> Enas Kusuma, Nur wijaya kusuma, Addin Suwastono Copyright (c) 2024 TEKNIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Rekayasa https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8635 Fri, 24 May 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Algoritma Decision Tree C4.5 Untuk Penerimaan Beasiswa Kip Bagi Mahasiswa Baru Berbasis Website https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8658 <p>Perkembangan Teknologi Informasi (TI) telah membuka peluang baru dalam meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dalam akses ke pendidikan tinggi. Namun, kendala finansial masih menjadi tantangan bagi sejumlah mahasiswa berpotensi tinggi. Program Beasiswa KIP hadir sebagai solusi, tetapi proses seleksi masih menghadapi kendala manual yang memakan waktu dan cenderung subjektif.Dalam pengembangan sistem, metode waterfall digunakan, melalui lima tahapan: komunikasi, perencanaan, pemodelan, konstruksi, dan penyerahan sistem. Algoritma Decision Tree C4.5 diimplementasikan untuk mengklasifikasikan calon penerima beasiswa berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan secara objektif dan efisien. Algoritma ini memberikan kemampuan untuk membuat keputusan berdasarkan data yang tersedia, seperti nilai ujian rata-rata, prestasi, dan faktor-faktor ekonomi lainnya. Penelitian ini menghasilkan Sistem Penerimaan Beasiswa Berbasis Website yang menggunakan algoritma Decision Tree C4.5 untuk seleksi penerimaan Beasiswa KIP bagi mahasiswa baru, serta meningkatkan efisiensi, objektivitas, dan kualitas proses seleksi penerimaan beasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan algoritma Decision Tree C4.5 secara signifikan meningkatkan efisiensi proses seleksi dan optimalisasi kriteria penerimaan beasiswa. Hal ini mendukung pengembangan sistem seleksi beasiswa yang lebih efisien dan objektif.</p> Yessindah Citra Raya, Septilia Arfida Copyright (c) 2024 TEKNIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Rekayasa https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8658 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0700 Rancang Bangun Game Edukasi Matematika Dan TIK Berbasis Mobile Android Pada SMP N 1 Limau https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8622 <p>Pendidikan dan teknologi menjadi poin penting dalam pengembangan individu dan masyarakat. Di SMPN 1 Limau, Kurikulum Merdeka memperkuat pembelajaran matematika dan TIK. Namun, keterbatasan akses ke lab komputer dan ketidaksesuaian materi pembelajaran menciptakan tantangan. Solusinya adalah pengembangan game edukasi berbasis Android. Penggunaan game tersebut diharapkan dapat merangsang minat belajar siswa, memperkaya pengalaman belajar, dan mendukung kurikulum. Metode yang digunakan adalah Extreme Programming dengan alat UML seperti use case diagram, activity diagram, class diagram, dan sequence diagram. Database yang digunakan adalah Firebase. Tahapan pengembangannya mencakup perencanaan, desain, pengkodean, dan pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi berbasis Android berpotensi meningkatkan minat belajar siswa, mengintegrasikan pembelajaran dengan kurikulum sekolah, dan memberikan manfaat bagi pengembang, sekolah, dan institusi pendidikan terkait. Tujuan penelitian mencakup pemahaman tentang dampak game edukasi terhadap minat belajar siswa, pengembangan game yang sesuai dengan kebutuhan sekolah, dan menyusun rekomendasi untuk meningkatkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran.</p> Fajar Agung Setiawan, Ochi Marshella Febriani Copyright (c) 2024 TEKNIKA https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8622 Wed, 29 May 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Extreme Programming Dalam Perancangan Sistem Penjualan Ikan Channa Berbasis Web https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8681 <p>Toko Ginan Aquatic merupakan salah satu toko yang bergerak dibidang penjualan ikan hias dengan jenis ikan channa. Sistem penjualan yang dilakukan Toko Ginan Aquatic yaitu menggunakan platform online, permasalahan yang ada pada proses sistem penjualan yaitu penjualan masih mencakup dalam kota dan harus menggunakan jasa kirim instan karena terkendala aturan dari platform tersebut sehingga kurang efektif,<strong> P</strong>embuatan laporan yang masih dilakukan secara manual dengan mencatat melalui buku lalu direkap menggunakan Microsoft Excel di setiap bulannya. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah menghasilkan sebuah sistem penjualan online berbasis web dengan menggunakan Metode Extreme Programming, yang berguna untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada pada sistem penjualan, metode ini berfokus pada tahap coding/pengkodean untuk menyelesaikan pengembangan secara cepat dan sistemnya bisa diubah sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu website penjualan online ini diharapkan mampu untuk memasarkan produknya lebih luas dan mampu memudahkan proses pencatatan laporan penjualan secara otomatis melalui sistem</p> Sari Hartini, Aditya Tito Wardana Copyright (c) 2024 TEKNIKA https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8681 Sun, 02 Jun 2024 00:00:00 +0700 Aplikasi Pendataan Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kayu Agung Kabupaten Ogan Komering Ilir Berbasis Website https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8627 <p><em>Aplikasi Pendataan Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir Berbasis Website yang meliputi input (data lahir, data meninggal, data pendatang, data pindah), edit dan hapus, serta mengunduh data sebagai laporan oleh Admin. Metode yang digunakan untuk pembuatan laporan ini adalah menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall. Proses yang digunakan untuk mendesain sistem ini adalah Unified Modeling Language (UML) dan menggunakan Bahasa pemrograman PHP serta database MySQL. Sistem ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu form untuk Admin, form untuk Kepala Bagian Pelayanan Pendataan dan form untuk Kepala Dinas. Dengan dibuatnya aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah dalam proses pendataan, mempermudah mengelola dan mengunduh data bagi admin serta mempelancar bidang pelayanan pendataan dalam pembuatan laporan kependudukan.</em></p> Yusniarti Yusniarti , Henny Madora, Ida Wahyuningrum, Indra Satriawan, Pili Yanti Copyright (c) 2024 TEKNIKA https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8627 Thu, 13 Jun 2024 00:00:00 +0700 Otomasi hybrid pada Sistem Pertanian Cerdas Berbasis Internet of Things (IoT) https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8650 <p><em>Kontrol dan monitoring tanaman secara otomatis pada Smart Farming harus dilakukan untuk menjaga tanaman tumbuh berkembang dan hasil panen yang baik. Koneksi jaringan internet yang buruk pada Internet of Things Smart farming system mengakibatkan buruknya automasi yang dilakukan. Diperlukan Otomasi Hybrid untuk menanggulanginya. Menggabungkan online dan offline automation menggunakan NodeMCU dan Arduino Mega untuk membangun hybrid automation. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hybrid Automation pada Internet of Things Smart Farming System sangat penting dan harus ada. Kontrol dan monitoring tanaman pada sistem smart farming dapat terus dilakukan dalam keadaan koneksi jaringan internet baik atau buruk.</em></p> Dodi Yudo Setyawan, Warsito, Roniyus Marjunus, Sumaryo Sumaryo Copyright (c) 2024 TEKNIKA https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8650 Fri, 14 Jun 2024 00:00:00 +0700 Penerapan dan Pengelolaan Jaringan Komputer di SMK Manbail Futuh Menggunakan Cisco Packet Tracer https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8743 <p><em>Penelitian ini membahas tentang pentingnya kualitas jaringan komputer di lingkungan pendidikan, khususnya di SMK Manbail Futuh. Dengan pesatnya perkembangan teknologi Internet, kebutuhan akan jaringan komputer yang andal pun semakin meningkat. Permasalahan yang umum terjadi adalah konektivitas yang lambat dan tidak stabil sehingga dapat mengganggu proses belajar mengajar. Untuk mengatasinya, diperlukan sistem pemantauan jaringan yang efisien. Penelitian ini menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer untuk mensimulasikan jaringan komputer. Metode investigasi mencakup penggunaan perangkat keras seperti prosesor i3 dan RAM 4 GB, serta perangkat lunak seperti Windows 10 dan Cisco Packet Tracer. Simulasi dilakukan dengan menggunakan topologi jaringan star dan konfigurasi alamat IP. Studi ini menunjukkan bahwa simulasi Cisco Packet Tracer dapat membantu administrator jaringan memantau dan mengelola jaringan komputer dengan lebih efisien dan cepat mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah konektivitas.</em></p> Ali Amran, Moh. Musayarof Ardiansah Copyright (c) 2024 TEKNIKA https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8743 Tue, 18 Jun 2024 00:00:00 +0700 Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8708 <p><em>Pada masa ini, perpustakaan dituntut untuk mengoptimalkan pelayanannya seiring dengan perkembangan teknologi demi mencapai efisiensi dan meminimalisir kesalahan pada sistem manual dalam proses pengolahan data yang terjadi di perpustakaan. Untuk alasan tersebutlah, sistem informasi perpustakaan berbasis web ini dibuat. Metode waterfall digunakan sebagai dasar dalam perancangan sistem informasi, karena metode ini sudah terbukti berhasil secara efektif diimplementasikan pada banyak sistem informasi berbasis web. Sistem informasi ini dapat memberikan solusi berupa efisiensi baik bagi anggota perpustakaan maupun pustakawan sendiri dalam melakukan pencarian serta pengecekan ketersediaan buku yang dicari. Kelebihan lainnya adalah dapat membantu menimalisir kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada proses peminjaman dan pengembalian buku. Dengan adanya sistem informasi ini juga dapat memudahkan pustakawan dalam pembuatan maupun pengevaluasian laporan peminjaman buku serta datanya pun dapat tersimpan dalam jangka waktu yang lama tanpa perlu takut kehilangan karena telah tersimpan di dalam database bukan di dalam suatu buku atau ordner.</em></p> Reni Kartika Sari, Dinda Ayu Muthia, Dwi Andini Putri Copyright (c) 2024 TEKNIKA https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8708 Tue, 18 Jun 2024 00:00:00 +0700 AIoT untuk Deteksi Dini Kebakaran Menggunakan Integrasi Komputasi Tepi dan Kamera IP https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8726 <p>Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana bencana kebakaran di Indonesia terjadi sebanyak 4.727 kali antara tahun 2015-2024. Oleh karena itu diperlukan teknologi untuk mendeteksi sumber api secara cepat dan akurat. Oleh karena itu pada penelitian ini kami mengembangkan sistem deteksi sumber kebakaran dengan menggunakan teknologi YOLOv8 pada platform komputer tepi Jetson untuk mendeteksi kebakaran secara real-time dan akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kami berhasil mendeteksi api menggunakan Jetson dan aliran streaming dari Kamera IP dengan evaluasi confusion matrix menunjukkan akurasi deteksi sebesar 96%, Precision-Recall dengan presisi rata-rata 93,5% dan recall rata-rata 97%, serta mean Average Precision (mAP) sebesar 97,90%. Grafik F1-Score menunjukkan akurasi berada di 97%. Hasil ini menunjukkan bahwa model efektif untuk deteksi kebakaran real-time, dengan keseimbangan baik antara presisi dan recall, menjadikannya solusi potensial untuk diimplementasikan pada pendeteksian api secara real-time dengan AIoT.</p> Dona Yuliawaati, Sushanty Saleh, TM Zaini Copyright (c) 2024 TEKNIKA https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8726 Thu, 27 Jun 2024 00:00:00 +0700 Jaringan Sensor Nirkabel Berbasis LoRa E32 untuk Deteksi Dini Kebakaran Hutan https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8831 <p>Sistem peringatan dini kebakaran hutan sangat penting untuk memberikan peringatan dan menghindari bencana lainnya yang diakibatkan oleh kebakaran hutan. Alat deteksi kebakaran yang digunakan Pemerintah saat ini masih tidak praktis, karena masih menggunakan kabel dalam komunikasi data sehingga dibutuhkan komunikasi secara nirkabel. Penggunaan Long Range Access (LoRa) pada penelitian ini diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan tersebut, karena memiliki karakteristik berdaya rendah dan dapat menjangkau area yang jauh secara nirkabel dibandingkan dengan teknologi wifi. Tujuan dari penelitian ini yaitu terciptanya alat yang digunakan untuk mendeteksi kebakaran hutan secara dini dengan sensor pendeteksi asap MQ2 berbasis jaringan nirkabel LoRa dan jarak yang jauh. Mikrokontrolnya menggunakan Arduino dan sebagai komunikasi jarak menggunaakan LoRa E32. Metode yang digunakan dimulai dengan study literature, perancangan hardware dan software, pembuatan hardware dan software, pengujian alat, pengambilan data dan analisa hasil. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu jarak terjauh yang dapat dijangkau oleh LoRa E32 adalah 500 meter. Semakin jauh jarak antara LoRa pengirim dan penerima maka semakin tinggi juga delay penerimaan data, dengan keberhasilan pengiriman data pada LoRa E32 dapat digunakan sebagai pendeteksi kebakaran secara dini dengan jarak maksimal 500 meter.</p> Wildhany Naufal Chadafi, Rini Puji Astutik Copyright (c) 2024 TEKNIKA https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8831 Sat, 29 Jun 2024 00:00:00 +0700 Konverter Buck-Boost dengan Sistem Close Loop untuk Panel Surya menggunakan Kontrol Arduino https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8799 <p align="justify"><em>Solar panel sumbernya diambil dari energi matahari yang fluktuatif dengan kondisi alam, maka dibutuhkan konverter untuk menaikan dan menurunkan tegangan untuk menyesuaikan kebutuhan perangkan yang akan digunakan. Berkaitan dengan itu tujuan riset mengebangkan dan mendesain Buck-Boost Converter yang menggunakan sistem close loop tegangan diatas 12 Volt untuk solar panel. Arus searah (DC) akan diatur melalui konverter DC ke DC, ini merupakan suatu device yang mengubah/ mengkonversi energi listrik dari DC ke DC (menaikan atau menurunkan) tanpa mengubah polaritas sumber dan meningkatkan efisiensi daya. Metode penelitian melalui tahapan analisis permasalahan, desain pengembangan, unjuk kerja, evaluasi, dan kesimpulan. Analisi data kuantitatif deskriptif menceritakan data sesuai dengan keadaan sebenarnya/ kondisi nyata. Kesimpulan riset untuk pengujian konverter DC to DC system close loop untuk solar panel, berdasarkan pengujian menggunakan catu daya pada kondisi buck mampu menurunkan tegangan sampai 4,1 Volt dengan nilai error 5,707%. Pada konsisi boost mampu menaikan tegangan 54,7 Volt dengan nilai error 0,25%. Efisiensi ketika menggunakan solar panel 100 Wp pada kondisi buck dengan variasi duty cycle mempereloh nilai Vout menurun dari Vin. Kemudian kondisi boost dengan variasi duty cycle menaikan Vout dari Vin . Hal ini menunjukan sesuai dengan penelitian bahwa konverter buck untuk menurunkan dan konverter boost untuk menaikann tegangan</em><em>.</em></p> Rizki Prasetyono, Nasrulloh , Suhud Suyudi, Nurul Mega Saraswati, Fadly Haris Arsiandro Copyright (c) 2024 TEKNIKA https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/8799 Sat, 29 Jun 2024 00:00:00 +0700