Analisis Sentimen Jamaah Umrah Di Media Sosial X Menggunakan Algoritma Naive Bayes

Authors

  • Surya Syahputra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sriani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Siddik Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.13911976

Abstract

Umroh salah satu hal yang rukun sunnah yang pahala nya setara dengan haji yang membutuhkan biaya besar. Oleh karena itu, pemilihan biro perjalanan umroh harus dilakukan dengan hati-hati, mengingat banyaknya oknum nakal yang melakukan penipuan, seperti penggelapan uang calon jamaah atau penundaan keberangkatan tanpa kepastian. Salah satu penyebab utamanya adalah tawaran biaya murah atau promosi menarik yang tidak disertai dengan izin biro yang jelas. Analisis sentimen terhadap ulasan jamaah dapat menjadi solusi dalam mengidentifikasi biro perjalanan umroh yang terpercaya. Metode data mining, khususnya dengan algoritma Naive Bayes, dapat digunakan untuk mengklasifikasikan sentimen ulasan jemaah di media sosial X. Penelitian ini menggunakan 501 data tweet yang diperoleh melalui teknik crawling. Data ulasan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu positif, negatif, dan netral. Pembobotan kata dilakukan menggunakan metode TF-IDF untuk meningkatkan akurasi hasil analisis. Hasil dari pengujian model pada data testing menunjukkan bahwa terdapat 18 ulasan dengan sentimen positif, 3 ulasan negatif, dan 80 ulasan netral. Evaluasi model Naive Bayes ini menghasilkan nilai precision 0,80, recall 0,80, dan F1-score yaitu 0,80.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-10