Analisis Layanan Smart Library Menggunakan Framework ITIL V 4 pada Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang

Authors

  • Ahmad Kurniawan Kemas UIN Raden Fatah Palembang
  • M. Aswadi Universitas Bina Darma Palembang
  • Delta Apriza Universitas Bina Darma Palembang
  • Tata Sutabri Universitas Bina Darma Palembang

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.11043848

Abstract

Layanan Self Loan dan Book Drop Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang menghadapi tantangan seperti rendahnya kesadaran pengguna, kesalahan dalam proses, kurangnya integrasi dengan sistem pengelolaan perpustakaan, dan resiko penyalahgunaan atau penipuan. Masalah-masalah ini memerlukan prosedur pemantauan yang ketat dan peningkatan verifikasi. Selain itu, kurangnya sumber daya manusia dan pengetahuan TI untuk menangani permasalahan kompleks terkait layanan ini. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan meningkatkan prosedur-prosedur untuk layanan perpustakaan yang lebih baik, mengatasi masalah-masalah ini dan memastikan layanan dan manajemen informasi yang efisien. Penelitian menggunakan metodologi sistematis dan Framework ITIL V4 ini secara signifikan meningkatkan layanan TI di Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang. Temuan dan rekomendasi bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan efisiensi layanan perpustakaan. Penelitian ini menunjukkan perlunya prosedur yang lebih jelas dan standar terstruktur untuk SOP Self Loan dan Book Drop, dengan rekomendasi untuk meningkatkan kesadaran pengguna akan layanan Book Drop dan meningkatkan manajemen insiden untuk mengatasi gangguan dalam proses Self Loan. Menyajikan kesimpulan dan rekomendasi berdasarkan temuan analisis adalah langkah yang sangat penting untuk memandu tindakan perbaikan dan pengembangan lebih dalam layanan perpustakaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-23