Implementasi Naive Bayes Classifier Dalam Menganalisis Sentimen Pelanggan Mie Gacoan Pada Instagram

Authors

  • Audina Tazkia Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Yuni Arkhiansyah Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.10851075

Abstract

Pada era digital saat ini, media sosial telah menjadi sesuatu yang umum dan telah banyak digunakan untuk  memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu platform media sosial yang banyak digunakan adalah Instagram. Instagram merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk memberikan komentar terhadap foto atau video yang dibagikan. Opini dan permasalahan tersebut kemudian dapat diolah menjadi sebuah informasi analisis sentimen. Mie Gacoan merupakan salah satu restoran mie pedas yang populer Indonesia selama beberapa tahun belakangan ini. Dibalik kepopuleran Mie Gacoan pada saat ini, tentunya tidak dapat dipungkiri bahwasannya ada penilaian positif dan penilaian negatif dari pelanggan. Pada penelitian ini ekstraksi fitur dengan menerapkan metode TF-IDF. Kemudian data dibagi menjadi 80% data latih dan 20% data uji. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat akurasi sebesar 90.59%, precision 87.50%, recall 95.45%, dan f1-score 91.30%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-22