Analisa Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Platform Siaran Digital Menggunakan Metode Servqual

Authors

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.10065311

Abstract

Pada era digitalisasi saat ini kebutuhan masyarakat terhadap sebuah hiburan atau tontonan saat ini cukup besar, Salah satu media terpopuler adalah TV. Pada saat ini TV sudah menggunakan siaran digital yaitu Set Top Box untuk mencari sebuah program siaran yang ada pada TV dimana tidak semua masyarakat dapat menggunakan atau mengaplikasikan Set Top Box, Dikarenakan munculnya Set Top Box ini masyarakat lebih memilih jalan tengah dengan mancari konten yang menarik melalui aplikasi smartphone seperti Vidio dan Netflix. selain itu kebutuhan masyarakat akan penggunaan internet juga sangat amat tinggi. Karena ketertarikan ini masyarakat banyak yang lebih memilih platform siaran digital untuk keleluasaan terhadap konten yang ada pada platform siaran tersebut. Servqual adalah metode untuk mengukur sebuah tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan Vidio dan Netflix yang dipakai sudah memenuhi keinginan masyarakat terkait kemudahan dan keleluasaan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Metode servqual ini memiliki 5 (lima) dimensi terdiri dari: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Didalam penelitian ini memiliki jumlah responden 100 untuk menilai sebuah platform siaran digital seperti Netflix dan Vidio. Setelah melakukan penilaian service quality dari platform siaran digital, terdapat nilai terbesar  dan terkecil didalam platform siaran digital tersebut yang harus disegerakan diperbaiki dikarenakan memiliki nilai yang sangat jauh dengan apa yang diharapkan oleh masyarkat yang pertama dimensi tangible dengan nilai -0.83 dan nilai terendah ditempatkan oleh dimensi responsiveness dengan nilai -0.76

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-02