Analisis Perbandingan Nilai Usability pada Mobile Banking Menggunakan Metode SUS dan NAU

Authors

  • Rizal Swandy Aritonang Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Sarah Astiti Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Sandhy Fernandez Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.8166506

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dari tahun ke tahun mendukung keberhasilan sebuah organisasi dalam persaingan bisnis. Semakin mudah dan cepatnya mendapatkan informasi dengan menggunakan teknologi berdampak pada peningkatan interaksi antar individu untuk mendapat informasi yang dibutuhkan. Salah satu yang mengikuti perkembangan teknologi informasi ini adalah perbankan. Hal ini diwujudkan demi pengembangan sistem pelayanan terhadap nasabah dalam bentuk layanan M-Banking yang telah melekat dikehidupan sehari-hari. Dari kebutuhan yang saat ini yang sangat melekat pada kehidupan sehari-hari maka perlu dilakukannya penelitian dengan menggunakan metode System Usability Scale dan metode Nielsen’s Atributes of Usability untuk mengetahui nilai usability terhadap sebuah aplikasi. Kategori Learnbility dengan skor tertinggi diperoleh oleh Bank BNI dengan nilai rata-rata 4,375. Kategori Memorability didapatkan oleh Bank BCA dengan nilai rata-rata 4,448. Kategori Efficiency dengan skor tertinggi diperoleh Bank BNI dengan skor rata-rata 4,399

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-20