Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran untuk Pengenalan Alat-Alat Laboratorium Kimia Menggunakan Algoritma Sift

Authors

  • Reza Erprimana Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Muhammad Fauzan Azima Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.8011869

Abstract

Teknologi augmented reality dalam penelitian ini digunakan untuk memberikan informasi tentang alat-alat laboratorium kimia kepada siswa sebelum melakukan kegiatan praktikum, sehingga mengurangi tingkat kesalahan yang bisa terjadi dilaboratorium kimia serta menarik minat siswa dalam melakukan kegiatan praktikum pada laboratorium dibutuhkan sistem yang lebih menarik dan interaktif.Algoritma Scale Invariant Feature Transform (SIFT) merupakan salah satu algoritma yang digunakan dalam teknologi Augmented Reality yaitu sebuah algoritma dalam computer vision untuk mendeteksi dan mendeskripsikan fitur lokal dalam gambar Algoritma SIFT dapat digunakan sebagai tracking dalam pembentukan objek 3D dari objek 2D pada jarak optimum yang berbeda-beda. Pemanfaatan teknologi augmented reality pada aplikasi media pembelajaran pengenalan alat-alat laboratorium kimai ini berjalan sesuai dengan rancanganya, memanfaatkan aplikasi ini dapat membantu baik pada proses belajar anak untuk mengenal alat-alat labrotatorium kimia secara 3 dimensi dengan teknologi augmented reality.

Kata Kunci— Augmented Reality,Laboratorium Kimia, Scale Invariant Feature Transform (SIFT)

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-07