Klasifikasi Sentimen Terhadap Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Media Sosial Menggunakan Naive Bayes

Authors

  • Riska Kurnia Septiani Universitas Nusa Mandiri
  • Sita Anggraeni UNIVERSITAS NUSA MANDIRI
  • Sandra Dewi Saraswati Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7535887

Abstract

Pemindahan ibu kota bukan merupakan suatu fenomena yang baru. Senin, 17 Januari 2022 nama “Nusantara” diumumkan pertama kali oleh Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Panja RUU IKN menyetujui “Nusantara” sebagai nama ibu kota negara setelah delapan fraksi menyetujui. Terletak di Kalimantan Timur, Nusantara adalah sebuah kota yang akan menggantikan posisi Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia. Pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) menimbulkan berbagai macam pro dan kontra. Mulai dari pemilihan lokasi, pengesahan Undang – Undang yang dinilai terlalu terburu – buru, dan akhir – akhir ini pemerintah juga mengajak masyarakat Indonesia untuk melaukan urun – dana (crowd funding) untuk membangun Ibu Kota Nusantara. Di media sosial twitter, Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi salah satu topik yang ramai diperbincangkan karena banyaknya opini dari berbagai kalangan masyarakat. Beberapa opini dari masyarakat di twitter ini akan digunakan menjadi data penelitian analisis sentimen terhadap pendapat masyarakat mengenai pemindahan Ibu Kota Negara. Penelitian ini menggunakan metode Naïve Bayes. Analisa yang digunakan melalui dua tahap validasi yaitu split data dan cross-10k folds validation. Nilai akurasi untuk split data sebesar 100% dan untuk cross-10k folds validation sebesar 90.84%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-09