Perancangan Enterprise Resource Planning Modul Human Resource dengan menggunakan Odoo pada PT Kinarya Alihdaya Mandiri

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sita Anggraeni
Setiaji -
Ahmad Muzaiyin
Muhammad Nur

Abstract

PT. Kinarya Alihdaya Mandiri merupakan perusahaan yang fokus pada pengelolaan jasa outsourcing yang berbasiskan penyedia tenaga kerja (Labor Supply) maupun Pemborongan Pekerjaan (Manage Service). Sumber daya manusia atau tenaga kerja merupakan suatu asset dan faktor penentu dalam kesuksesan perusahaan, tanpa ditangani secara tepat maka asset ini akan dapat berubah manjadi faktor yang dapat menganggu proses dan kinerja perusahaan dalam mencapai tujuan. Berdasarkan hasil pengamatan pada PT. Kinarya Alihdaya Mandiri proses pendataan karyawan baru dimana masih dilakukan dengan cara rekap data menggunakan microsoft excel dan pengelolaan data karyawan baru berdasarkan kategori pelamar yang belum optimal karena masih dilakukan dengan cara manual. Ketika pencarian data karyawan baru memakan waktu karena masih menggunakan cara lama dan mengakibatkan penumpukan dokumen dalam arsip sehingga dokumen data karyawan baru di simpan dalam arsip beresiko besar dalam hal keamanan data dan penyimpanan tempat berkas kurang efisien. Penelitian ini dibuat berdasarkan masalah yang ada dan membantu divisi HRD PT. Kinarya Alihdaya Mandiri dalam perancangan Sistem Informasi terintegrasi dalam sebuah modul dalam penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) yakni modul Human Resource sub modul Recruitment. Dengan adanya sistem ini maka divisi HRD dapat dengan mudah memproses penerimaan karyawan baru dan arsip data karyawan lebih mudah di lacak karena semua aktifitas perekrutan sudah tersimpan dalam aplikasi Odoo secara realtime

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

    [1] S. Anggraeni, A. Apriliana, Suminten, and Rani, “Perancangan Enterprise Resource Planning Modul Sales dengan menggunakan Odoo pada PT Baba Rafi,” J. Tek., vol. 14, no. 1, pp. 1–10, 2020.
    [2] D. A. N. Wulandari, S. Anggraeni, and Imran, Enterprise Resource Planning(ERP). Jakarta: Graha Ilmu, 2021.
    [3] H. Dewi, Manajemen Sumber daya Manusia. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2012.
    [4] N. Purwandari and R. W. P. Pamungkas, “Implementasi Modul Human Resource Management Menggunakan Open Enterprise Resources Planing pada Perusahaan Profit Wilis,” pp. 1–13.
    [5] G. D. Girang, R. Andreswari, U. Y. K. S. H, P. Studi, S. Informasi, and F. R. Industri, “Perancangan Sistem Enterprise Resource Planning Modul Payroll Berbasis Odoo 8 dengan Metode Rapid Application Development pada PT. XYZ,” pp. 130–137, 2017.
    [6] S. Riyadi, “Pengembangan Teknologi ERP Untuk Modul Human Resource Management Studi Kasus PT Raja Digital Media,” vol. 2, no. 1, pp. 24–28, 2020.
    [7] L. Rahmadi and E. Boedijanto, “Meningkatkan Kinerja Human Resource Management,” pp. 41–46, 2014.