Implementasi Metode Topsis dalam Sistem Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik

Authors

  • Titin Prihatin Universitas Nusa Mandiri
  • Tri Retnasari Universitas Nusa Mandiri

Keywords:

TOPSIS, Karyawan Terbaik

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) dalam perusahaan memegang peranan yang sangat penting dalam kelangsungan perusahaan, oleh karena itu gaji merupakan sesuatu yang harus diberikan perusahaan kepada karyawan.Selain bonus yang biasanya diberikan perusahaan kepada karyawan berupa reward, hal ini untuk memotivasi karyawan. Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) perusahaan sangat mempengaruhi penentu keberhasilan kerja dan realisasi tujuan perusahaan. Perusahaan akan memilih karyawan terbaik untuk menginspirasi moral mereka dan meningkatkan dedikasi serta kinerja mereka. Ini merupakan sebuah pujian bagi karyawan yang menjalankan tugasnya dengan benar. Apresiasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan semangat kerja karyawan. Kinerja karyawan memiliki pengaruh yang besar terhadap laba yang diperoleh perusahaan. Penentuan karyawan terbaik perusahaan merupakan fokus utama penelitian ini, karena dalam pengambilan keputusan untuk menentukan karyawan terbaik perusahaan. Diperlukan suatu sistem yang terkomputerisasi agar dapat menggunakan metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) untuk menentukan karyawan terbaik sehingga dapat meranking alternatif mana yang memiliki nilai tertinggi agar dapat digunakan perusahaan. Mereka memberikan hadiah atau promosi kepada karyawan terpilih berdasarkan hasil. Evaluasi diberikan oleh sistem perusahaan, hasil penelitian ini dilakukan pada perusahaan dengan jumlah karyawan 25 orang dan 5 kriteria. Dapat diambil kesimpulan dari ranking 1 dengan nilai Ci 1,0000 dan ranking yang 25 dengan nilai Ci 0,3179. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat digunakan sebagai alat untuk menentukan pegawai terbaik yang dapat meningkatkan produktivitas pegawai dan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Fajriya, R. N., Firdaus, A., & Faisal, A. (2019). Penentuan Karyawan Terbaik Home Industry Ramayana Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Journal of Innovation Information Technology and Application (JINITA) , 35-41.
[2] Firdaus, I. H., Abdillah, G., & Renaldi, F. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Ahp Dan Topsis. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA) (pp. 2089–9815). Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
[3] Kurniawan, A., & Santika, R. R. (2020). Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive. Jurnal Informatika Universitas Pamulang , 167-174.
[4] Naution, M. I., Fadlil, A., & Sunardi. (2020). Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan. Seminar Nasional Dinamika Informatika (pp. 190-193). Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.
[5] Nugraha, N. D., & Wibowo, A. (2020). Implementasi Metode Topsis Untuk Pemilihan Karyawan Terbaik. Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS) (pp. 138-146). Sumatera Utara: LPPM STIKOM Tunas Bangsa.
[6] P, R. D., Wardhani, A. R., & Putri, C. F. (2020). Implementasi Analytic Hierarchy Process Pada Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Karyawan Di PT. X Berbasis Visual Studio 2019. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks (SOLIDITAS) , 25-35.
[7] Ramadanti, F. H. (2020). Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Profile Matching dengan Weighted Product Pada PT. PALMARS. Jurnal Manajemen Informatika , 113-119.
[8] Siregar, G. Y., & Wulandari, I. A. (2020). Penilaian Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode. Jurnal Komtika (Komputasi dan Informatika) , 35-41.
[9] Witasari, D., & Jumaryadi, Y. (2020). Aplikasi Pemilihan Karyawan Terbaik Dengan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus Citra Widya Teknik). JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer , 115-122.
[10] Yudistira, A. C., & Sari, Y. S. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Weighted Product untuk Pemilihan Karyawan Terbaik UMKM ZainToppas. Jurnal SISFOKOM (Sistem Informasi dan Komputer) , 229 - 235.

Downloads

Published

2021-06-10