Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) dan Analisa Tingkat Loyalitas Pelanggan pada Toko Swalayan

Authors

  • Sushanty Saleh IIB Darmajaya
  • Indera Indera IIB Darmajaya
  • Chendy Novia Basri IIB Darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7326875

Keywords:

Kata Kunci, Sistem Informasi, Customer Relationship Management, Web Mobile.

Abstract

Persaingan usaha yang ketat dewasa ini mengharuskan perusahaan untuk berfokus kepada kebutuhan  yang  diinginkan  oleh  Konsumen.  Pusat Toko  Swalayan  Yang berada di Jl.P. Tirtayasa, Sukabumi, Kec.Sukabumi,Kota Bandar Lampung Yaitu Toko Surya yang menyediakan kebutuhan Pokok Rumah Tangga yang dapat memenuhi kebutuhan Masyarakat Sekitarnya. Saat ini Toko Surya sendiri tidak memiliki aktifitas atau strategi khusus yang menangani pemasaran, pemasaran produk dilakukan secara konvensional dengan cara pelanggan memberikan informasi mengenai tempat, keistimewaan dan produk ke calon pelanggan lain. Dengan masalah yang dihadapi dari toko surya Solusi yang ditawarkan bisa menggunakan Sistem Informasi Customer Relationship Management Berbasis website Terkait Sistem Penjualan dan Pemasarannya yang dapat mengontrol proses bisnis dan meningkatkan efektifitas dan efesiensi Bisnis. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem RUP  (Rational  Unified  Process. Penelitian ini membangun dan menerapkan sistem Customer Relationship Management (CRM) berbasis Website, mengasilkan Analisa pelanggan terloyal menggunakan metode-metode pada pengembangan sistem, berupa Proses Knowledge Discoveri in Databases (KDD) dan menggunakan Algoritma Naïve Bayes     untuk mengolah data yang akan digunakan dan RUP (Rational Unified Process)   sebagai metode untuk pengembangan sistem yang akan dibuat.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Bisnis, P. S. (2014). PEMODELAN APLIKASI LAYANAN INFORMASI BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAJEMEN ( CRM ) di IBI DARMAJAYA. 15–16.
[2] Dicky Nofriansyah, D. (2016). Penerapan Data Mining dengan Algoritma Naive Bayes Clasifier untuk Mengetahui Minat Beli Pelanggan terhadap Kartu Internet XL ( Studi Kasus di. Saintikom, 15(1978–6603), 81–92.
[3] Dyantina, Ovi, Mira, A, & Ali, I. (2012). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN). Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 4, NO. 2, Oktober 2012.
[4] Hermawati, Astuti Hermawati. (2013). Data Mining. Perbit Andi. Yogyakarta.
[5] Informasi, S., Dan, P., Kebaya, P., & Website, B. (2019). Proyek Tugas Akhir Implementasi Customer Relationship Management Pada system Informasi Penjualan dan Pemesanan Kebaya Berbasis Wesite studi kasus CV Regina Konveksi Yogyakarta. Program Stusi Teknik Informatika. Fakulas Teknologi Informasi dan Elektro. Universitas Teknologi Yogyakarta.
[6] Jogiyanto. (2005). Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Penerbit Andi. Yogyakarta.
[7] No, J. K. H. S., & Barat, J. (n.d.). DATA MINING DENGAN METODE KLASIFIKASI NAÏVE BAYES UNTUK MENGKLASIFIKASIKAN PELANGGAN Eka Miranda , Julisar Program Sistem Informasi , Program Studi Sistem Informasi , Universitas Bina Nusantara, 4(9), 6–12.
[8] Pratama, I Putu Agus Eka Pratama. (2019). Customer Relationship Management (CRM) Teori dan Praktek Berbasis Open Source. Penerbit Informatika. Bandung.
[9] Rahayu, F., & Irawan, H. (2018). Perancangan Sistem Electronic Customer Relationship Management ( e-CRM ) guna Membantu Meningkatkan Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan Studi Kasus : Lembaga Pendidikan

[10] Kumon. Idealis, 2, 205–212. Retrieved from http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1351/656.
[11] Sugiarn, N. L. M., Pramana, D., & Puspita, N. N. H. (2015). Implementasi CRM (Customer Relationship Management) Pada Sistem Informasi Travel X Berbasis Web. Jurnal Sistem Dan Informatika, 9, 53.
[12] Sutanta, Edhy. (2011). Basis Data dalam Tinjauan Konseptual. Penerbit Andi. Yogyakarta.
[13] Zakaria, H., & Marlia, A. E. (2019). Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) untuk Meningkatkan Loyalitas dan Pelayanan Customers Berbasis Web dengan Model Waterfall. Jurnal Teknologi
[14] Sistem Informasi Dan Aplikasi, 2(2), 66. https://doi.org/10.32493/jtsi.v2i2.2804

Downloads

Published

2021-06-29