Transformasi Layanan Administrasi Akademik Perguruan Tinggi di Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Neni Purwati Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Hariyanto Wibowo Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7326765

Keywords:

Transformasi, Layanan, Administrasi Akademik, Pandemi COVID-19, Web

Abstract

Wabah Corona Virus Disease muncul pertama kali di Wuhan pada awal Desember 2019 yang dikenal dengan COVID-19, dan pada Maret 2020 organisasi kesehatan dunia World Health Organization(WHO) menetapkan COVID-19 sebagai pandemi karena melanda semua negara di dunia. Belajar dari rumah(Study From Home) harus tetap dilaksanakan karena ketidakpastian berakhirnya masa pandemi. Perguruan Tinggi sebagai lembaga pendidikan dipaksa harus memanfaatkan teknologi informasi, agar layanan administrasi akademik untuk mahasiswa dapat dilaksanakan dari rumah, yang sebelumnya hanya dilayani dengan cara datang ke kampus. Metode penelitian yang digunakan dengan metode Rapid Application Development (RAD) melalui 3 tahapan yaitu: Planning Requirement, Design Workshop dan Implementation. Sedangkan tools yang digunakan meliputi: desain sistem menggunakan Unified Modelling Language (UML), Bahasa Pemrograman Hypertext Preprocessor(PHP), dan Database Mysql. Penelitian ini menghasilkan Sistem Layanan Administrasi Akademik untuk melayani administrasi surat secara online yaitu: Surat Keterangan Mahasiswa(SKM), Surat Cuti Akademik, Surat Aktif Kembali, Surat Ijin Penelitian, Permohonan Surat Ijin Kerja Praktek, Surat Pindah Kelas, Surat Pindah Program Studi, Surat Tanda Lulus Sementara(STLS). Sehingga mahasiswa dapat melakukan pengajuan layanan langsung ke sistem dari rumah, antrian dan kerumunan mahasiswa yang melakukan pengajuan layanan tidak terjadi lagi dan sebagai solusi di masa pandemi, serta layanan dapat tetap berjalan dengan efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Neni Purwati, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

Fakultas Ilmu Komputer, Sistem Informasi

Hariyanto Wibowo, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

Fakultas Ilmu Komputer, Teknik Informatika

References

[1] KBBI, “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring,” Kemendikbud, 2020.
[2] S. Etty Widawati, “Analisis Tentang Pepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik dan Pelayanan Administrasi,” J. Mitra Manaj., 2020.
[3] P. Kotler, “Customer Value Management,” J. Creat. Value, 2017, doi: 10.1177/2394964317706879.
[4] Purwanto, M., N., Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2010.
[5] Ilyasi, A., Susanto, H., Astuti, S., J., W., “PELAKSANAAN SISTEM ADMINISTRASI AKADEMIK DI UNIVERSITAS ISLAM JEMBER,” J. Manaj. dan Adm. Publik, pp. 178–189, 2020.
[6] Global Reporting Initiative, “Pedoman Pelaporan Keberlanjutan G4,” Glob. Report. Initiat., 2013.
[7] Jufianto, C., C., “PERANCANGAN SISTEM PENCATATAN LAYANAN MAHASISWA PADA BAGIAN ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN (BAAK) INSTITUT BISNIS DAN INFORMATIKA KWIK KIAN GIE,” Progr. Stud. S1 Sist. Informasi, Inst. BISNIS DAN Inform. KWIK KIAN GIE, Jakarta., 2020.
[8] M. Ridwan, M. Muhammad, and S. Ramadhani, “Rancangan Sistem Informasi Manajemen Aset di PT. Sentral Tukang Indonesia,” J. CoreIT J. Has. Penelit. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., 2018, doi: 10.24014/coreit.v3i2.4415.
[9] Mulyadi and N. Hidayati, “Implementasi Metode Rapid Application Development Dalam Pembangunan Sistem Penerimaan Kas Atas Penjualan,” Paradigma, 2018.
[10] R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan berbasis objek). 2016.
[11] Arismanto, B., Rahmadhani, S., “Pengembangan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru pada STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru,” J. IntraTech, vol. 3, no. 1, pp. 57–72, 2019.
[12] Atmaja, K., J., Nirwana, N., K., A., “SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LAYANAN AKADEMIK DI STMIK STIKOM INDONESIA BERBASIS WEB,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., pp. 3–12, 2020.
[13] Kadir Abdul, Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta: ANDI, 2008.
[14] D. Azzahra and S. Ramadhani, “Pengembangan Aplikasi Online Public Access Catalog (OPAC) Berbasis Web Pada STAI Auliaurrasyiddin Tembilanan,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, 2020.

Downloads

Published

2021-06-17