Penentuan Lokasi Wisata Dan Hotel Terdekat Di Wilayah Lampung Timur Berbasis Android

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Deppi Linda
Halimah Halimah

Abstract

Manusia untuk lebih menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang dan semakin komplek, masalah-masalah yang timbul di sekitarnya dapat dipermudah dan diatasi terutama kebutuhan untuk mendapatkan sebuah informasi umum yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat. Semisal sistem informasi untuk mengetahui spesifikasi lokasi dalam suatu space dengan objeknya bisa berupa fisik, budaya atau ekonomi alamiah. Sedangkan penggunaan smartphone android yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat juga dapat dimanfaatkan sebagai media perantara pemberian informasi pariwisata, dengan berbagai jenis wisata seperti wisata pantai, wisata alam, budaya, agrowisata maupun wisata sejarah yang dapat dilihat dengan mudah. Akan tetapi dalam penyampaian informasi pariwisata Kabupaten Lampung Timur masih melalui pemberian brosur, pamflet, poster, buku-buku, dan sosial media dilakukan jika ada wisatawan yang datang berkunjung ke suatu objek wisata yang dikunjunginya, informasi yang diberikan lewat media booklet atau brosur kurang menarik serta peta wisata yang belum dimiliki media menginformasikan pariwisata Kabupaten Lampung Timur agar bisa dinikmati masyarakat luas. Metode pengembangan sistem yang digunakan berupa android SIG pariwisata adalah RUP menggunakan model OOAD dengan pemodelan UML, metode Pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penggunaan smartphone android yang sudah banyak digunakan untuk masyarakat dan dapat memanfaatkan sebagai media perantara informasi wisata,lokasi wisata dan  hotel didekat lokasi pariwisata, khususnya wisata dan hotel lampung timur.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

    [1] A.S, Rosa & Shalahuddin, M. 2016. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Penerbit Modula, Bandung.

    [2] Avestro, Joyce. 2007. Pengembangan Peragkat Mobile : Java Education Network Indonesia (JENI).

    [3] Budihartanti, Cahyani & Wairisal, Michael.
    2014. Perancangan Sistem Informasi
    Wisata Bersejarah Di Jabodetabek Berbasis
    Android. Jurnal PROSISKO Vol. 1, ISSN :
    2406-7733.

    [4] Google Developer Training Team. 2016. Android Developer Fundamentals Course-Learn to Develop Android Applications by Google Team.

    [5] HALIMAH, H., & Kinanti, D. (2017). E-Customer Relationship Management (CRM) untuk Sistem Informasi Paket Wisata pada CV Alea Tour & Travel Bandar Lampung. Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 8(2).

    [6] Kadir, Abdul. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi Offset, Yogyakarta.

    [7] Marlena, Deti dan Aspriyono, Hari. 2014. Sistem Informasi Geografis Letak Lokasi Rumah Sakit dan Apotek Kota Bengkulu Berbasis Android. Jurnal Media Infotama, Vol. 10, No. 2, ISSN 1858-2680.


    [8] Pitaloka, Meilinda. 2016. Aplikasi Tempat Bersejarah Menggunakan Google Maps Berbasis Web dan Android. e-Proceeding of Applied Science : Vol. 2, No. 3, ISSN : 2442-5826.

    [9] Prabowo, Eric Cundomanik., Puspa, Lily Dewi & Andjarwirawan, Juntinus. 2016. Aplikasi Survei Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

    [10] Solichin, Achmad. 2016. Pemograman Web dengan PHP dan MySQL. E-Book diunduh dari https://www.researchgate.net/publication/236885805_Pemrograman_Web_dengan_PHP_dan_MySQL